eprintid: 2150 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/21/50 datestamp: 2022-08-29 13:52:19 lastmod: 2022-08-29 13:52:19 status_changed: 2022-08-29 13:52:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sutisna, Zahra Ajeng creators_name: Indrayono, Yohanes creators_name: Maimunah, Siti creators_NPM: 022115107 creators_NPM: 8878801019 creators_NPM: 0425097401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sutisna, Zahra Ajeng contributors_name: Indrayono, Yohanes contributors_name: Maimunah, Siti contributors_NIDN: 022115107 contributors_NIDN: 8878801019 contributors_NIDN: 0425097401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Akuntansi title: Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Advertising Printing & Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017. ispublished: pub subjects: 35 subjects: b divisions: sch_med full_text_status: restricted abstract: Zahra Ajeng Sutisna. 022115107. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Advertising Printing & Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017. Pembimbing: Yohanes Indrayono dan Siti Maimunah. 2019. Persaingan usaha yang semakin ketat, menuntut perusahaan untuk lebih meningkatkan nilai perusahaannya (firm value). Hal ini sangat penting bagi perusahaan karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan sama halnya dengan memaksimalkan kemakmuran pemegang saham. Kecanggihan teknologi media televisi dan media cetak mampu mempengaruhi masyarakat. Namun dilihat dari kinerja keuangan perusahaan sub sektor advertising, printing & media tahun 2010-2017, rata-rata leverage (DER) pada tahun 2010- 2015 menunjukkan nilai yang cukup tinggi yaitu di atas 50%, rata-rata profitabilitas (NPM) selama tiga tahun terakhir yaitu tahun 2015-2017 mengalami penurunan. Kemudian rata-rata nilai perusahaan (PBV) selama empat tahun terakhir yaitu tahun 2014-2017 terus mengalami penurunan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh leverage yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan (Price to Book Value) pada perusahaan sub sektor advertising, printing & media yang terdaftar di BEI periode 2010-2017, (2) untuk menganalisis pengaruh profitabilitas yang diproksikan dengan Net Profit Margin terhadap Nilai Perusahaan (Price to Book Value) pada perusahaan sub sektor advertising, printing & media yang terdaftar di BEI periode 2010-2017, (3) untuk menganalisis pengaruh leverage (DER) dan profitabilitas (NPM) secara simultan terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan sub sektor advertising, printing & media yang terdaftar di BEI periode 2010-2017. Penelitian menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel dari 15 perusahaan advertising, printing & media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey. Data diuji menggunakan Eviews 8 dengan menggunakan uji regresi data panel dan uji hipotesis. Hasil pengujian secara parsial dengan uji t yaitu, leverage (Debt to Equity Ratio) secara pasial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Price to Book Value) hal ini karena sepanjang perusahaan mampu menyeimbangkan, manfaat dan biaya yang ditimbulkan akibat utang tidak menjadi masalah. Dengan demikian leverage (Debt to Equity Ratio) yang tinggi tetapi diikuti dengan pengelolaan yang baik dapat meningkat profit dan initial return sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Profitabilitas (Net Profit Margin) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (Price to Book Value), Net Profit Margin dapat mengukur kemampuan manajemen perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya dengan meminimalkan beban perusahaan dan memaksimalkan laba perusahaan sehingga dapat meningkatkan nilai perusahaan. Berdasarkan uji F dapat disimpulkan bahwa leverage (Debt to Equity Ratio) dan profitabilitas (Net Profit Margin) secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan (Price to Book Value). Hasil dari koefisien determinasi (R-Square) menunjukkan bahwa nilai perusahaan (Price to Book Value) dapat dijelaskan oleh leverage (Debt to Equity Ratio) dan profitabilitas (Net Profit Margin) sebesar 37,2098%. Kata kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Net Profit Margin (NPM) dan Price to Book Value (PBV) date: 2019-05-19 date_type: published pages: 86 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Akuntansi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sutisna, Zahra Ajeng and Indrayono, Yohanes and Maimunah, Siti (2019) Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sub Sektor Advertising Printing & Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2017. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2150/1/SKRIPSI_Zahra%20Ajeng%20Sutisna%20%28022115107%29.pdf