TY - THES PB - Universitas Pakuan EP - 70 ID - eprintsunpak2187 A1 - R., Yayu Meida Putri A1 - Jaenudin, Jaenudin A1 - Rully, Tutus M1 - Skripsi AV - public Y1 - 2020/08/04/ N2 - Yayu Meida Putri R. 021115264, Manajemen S1, Manajemen Operasi ?Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Jampangkulon?. Ketua Komisi Pembimbing Jaenudin, Anggota Komisi Pembimbing Tutus Rully, 2020. Antrian merupakan suatu aktivitas menunggu untuk dilayani oleh satu orang atau lebih guna mendapatkan pelayanan yang diinginkan, baik dalam ativitas perusahaan maupun dalam suatu rumah sakit. Pelayanan dibidang jasa seperti rumah sakit merupakan suatu intitusi pelayanan sosial dari perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan kebutuhan kesehatan di tengah masyarakat. Tingkat pelayanan yang diberikan rumah sakit terhadap pasien atau pengunjung harus dilakukan dengan menyeimbangkan kemampuan rumah sakit untuk menawarkan pelayanan yang diinginkan oleh pengunjung dengan kebutuhan beroperasi secara efektif sehingga masyarakat tidak harus menunggu antrian terlalu lama. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan jumlah loket yang tepat agar bisa mengefektifkan waktu pelayanan pasien pada RSU Jampangkulon. Metode yang digunakan adalah metode antrian dengan model antrian multi channel-single phase yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah loket pendaftaran untuk meminimumkan waktu antrian di RSU Jampangkulon, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat alternative untuk meminimumkan waktu tunggu dan biaya antrian adalah dengan menambah loket menjadi 4 loket pendaftaran guna mencapai standar waktu yang telah di tentukan RSU Jampangkulon yaitu 5 menit. Kata kunci: Sistem Antrian, Efektivitas Pelayanan, Multi channel-silngle phase TI - Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Jampangkulon UR - http://eprints.unpak.ac.id/2187/ ER -