eprintid: 2187 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 45 dir: disk0/00/00/21/87 datestamp: 2022-08-29 13:54:36 lastmod: 2022-08-29 13:54:36 status_changed: 2022-08-29 13:54:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: R., Yayu Meida Putri creators_name: Jaenudin, Jaenudin creators_name: Rully, Tutus creators_NPM: 021115264 creators_NPM: 0429106002 creators_NPM: 0417047401 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: R, Yayu Meida Putri contributors_name: Jaenudin, Jaenudin contributors_name: Rully, Tutus contributors_NIDN: 021115264 contributors_NIDN: 0429106002 contributors_NIDN: 0417047401 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ekonomi dan Bisnis corp_creators: Program Studi Manajamen title: Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Jampangkulon ispublished: pub subjects: 31 subjects: c divisions: sch_bio full_text_status: public abstract: Yayu Meida Putri R. 021115264, Manajemen S1, Manajemen Operasi “Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Jampangkulon”. Ketua Komisi Pembimbing Jaenudin, Anggota Komisi Pembimbing Tutus Rully, 2020. Antrian merupakan suatu aktivitas menunggu untuk dilayani oleh satu orang atau lebih guna mendapatkan pelayanan yang diinginkan, baik dalam ativitas perusahaan maupun dalam suatu rumah sakit. Pelayanan dibidang jasa seperti rumah sakit merupakan suatu intitusi pelayanan sosial dari perpanjangan tangan pemerintah dalam meningkatkan kebutuhan kesehatan di tengah masyarakat. Tingkat pelayanan yang diberikan rumah sakit terhadap pasien atau pengunjung harus dilakukan dengan menyeimbangkan kemampuan rumah sakit untuk menawarkan pelayanan yang diinginkan oleh pengunjung dengan kebutuhan beroperasi secara efektif sehingga masyarakat tidak harus menunggu antrian terlalu lama. Penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan jumlah loket yang tepat agar bisa mengefektifkan waktu pelayanan pasien pada RSU Jampangkulon. Metode yang digunakan adalah metode antrian dengan model antrian multi channel-single phase yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah loket pendaftaran untuk meminimumkan waktu antrian di RSU Jampangkulon, dengan menggunakan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat alternative untuk meminimumkan waktu tunggu dan biaya antrian adalah dengan menambah loket menjadi 4 loket pendaftaran guna mencapai standar waktu yang telah di tentukan RSU Jampangkulon yaitu 5 menit. Kata kunci: Sistem Antrian, Efektivitas Pelayanan, Multi channel-silngle phase date: 2020-08-04 date_type: published pages: 70 institution: Universitas Pakuan department: Program Studi Manajamen thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: R., Yayu Meida Putri and Jaenudin, Jaenudin and Rully, Tutus (2020) Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Jampangkulon. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2187/1/skripsi%20yayu%20%28021115264%29%20Final.pdf