<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR \r\nMACHINE UNTUK REPRESENTASI KEPATUHAN MASYARAKAT \r\nPADA MASA PANDEMI COVID-19"^^ . "Abstrak\r\nVirus corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia \r\nvirus corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti \r\nMiddle East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrme (SARS). Penelitian ini bertujuan \r\nuntuk mengimplementasikan Sentiment Analysis Menggunakan Support Vector Machine Untuk Representasi \r\nKepatuhan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data yang \r\ndiambil dari media sosial Twitter dengan kata kunci “patuh PSBB belajar dirumah”, “patuh PSBB WFH”, “patuh \r\nPSBB transportasi” dan ”patuh physical distancing”. Kemudian data tersebut diolah dengan metode Knowledge \r\nDiscovery and Data Mining (KDD) dan text mining. Dari hasil analisis sentimen terhadap patuh WFH yang dilakukan, \r\ndidapatkan hasil sentimen patuh dan tidak patuh sebanyak 326 dan 135 dengan hasil akurasi sebesar 98%. Lalu untuk \r\nhasil analisis sentimen terhadap patuh PSBB belajar dirumah didapatkan hasil sentimen patuh dan tidak patuh PSBB \r\nbelajar dirumah sebanyak 880 dan 524 komentar dari hasil keseluruhan dengan nilai akurasi sebesar 93%. Sedangkan \r\nuntuk hasil analisis sentimen terhadap patuh transportasi yang telah dilakukan didapatkan hasil sentimen patuh dan \r\ntidak patuh sebanyak 239 dan 237 komentar dari hasil keseluruhan dengan nilai akurasi 88% dan untuk hasil analisis \r\nsentimen terhadap patuh physical distancing didapatkan hasil sentimen patuh dan tidak patuh sebanyak 339 dan 80 \r\nkomentar dari hasil keseluruhan dengan nilai akurasi 90%.\r\nKata Kunci: Text Mining, Knowledge Discovery and Data Mining, text mining, Sentiment Analisis, Support \r\nVector Machine, Covid-19."^^ . "2020-12" . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Ilmu Komputer, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Erniyati"^^ . ""^^ . "Erniyati "^^ . . "Erniyati"^^ . ""^^ . "Erniyati "^^ . . "Eneng"^^ . "Tita Tosida"^^ . "Eneng Tita Tosida"^^ . . "Eneng"^^ . "Tita Tosida"^^ . "Eneng Tita Tosida"^^ . . "Krisna"^^ . ""^^ . "Krisna "^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas MIPA"^^ . . . "Ilmu Komputer"^^ . . . . . . "HTML Summary of #220 \n\nSENTIMENT ANALYSIS MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR \nMACHINE UNTUK REPRESENTASI KEPATUHAN MASYARAKAT \nPADA MASA PANDEMI COVID-19\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Komputer"@en . .