TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/2238/ PB - Universitas Pakuan AV - public M1 - Skripsi A1 - Rizal, Muhammad A1 - Jaenudin, Jaenudin A1 - Rully, Tutus TI - Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada PT. Setia Anugerah Motor. Skripsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Operasinal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. ID - eprintsunpak2238 Y1 - 2021/07/30/ N2 - Muhammad Rizal. NPM 021117196. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Pada PT. Setia Anugerah Motor. Skripsi Prodi Manajemen Konsentrasi Manajemen Operasinal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan. Di Bawah Bimbingan Ketua Komisi Pembimbing Jaenudin dan Anggota Komisi Pembimbing Tutus Rully. Tahun 2021 Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan apakah dengan penambahan fasilitas pelayanan dapat mengurangi waktu menunggu pelayanan pada PT. Setia Anugerah Motor. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem antrian yang optimal untuk meningkatkan efisiensi pelayanan di PT. Setia Anugerah Motor. Penelitian mengenai sistem antrian dan Efisiensi pelayanan pada PT. Setia Anugerah Motor dengan jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dekskriptif eksporatif dan menggunakan metode pengolahan dan analisis data adalah Analisis deskriptif dengan tujuan menggambarkan lebih mendalam mengenai sistem antrian yang diterapkan di PT. Setia Anugerah Motor kemudian analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis sistem antrian menggunakan perhitungan model antrian Multi Channel-Single Phase dan analisis biaya dengan perhitungan biaya pelayanan dan biaya menunggu. Berdasarkan hasil perhitungan data menggunakan analisis antrian untuk mengoperasikan jumlah Fasilitas yang tepat guna mengefisiensikan pelayanan pada PT. Setia Anugerah Motor. Setelah dilakukan simulasi sistem antrian dengan melihat total biaya yang lebih rendah dan jumlah fasilitas pelayanan dengan hasil seperti berikut hari ramai (sabtu) dengan 3 fasilitas menghasilkan total biaya sebesar Rp 149.640,-, 4 fasilitas sebesar Rp 144,671,-, dan 5 fasilitas sebesar Rp 176.812,-. Untuk hari sepi (rabu) dengan menggunakan 3 fasilitas menghasilkan total biaya sebesar Rp 142.890,-, 4 fasilitas sebesar Rp 140.977,- dan 5 fasilitas sebesar Rp 173.960,-. Jadi dapat disimpulkan bahwa penambahan fasilitas pelayanan itu berpengaruh pada efisiensi pelayanan PT. Setia Anugerah Motor. Saran yang diberikan oleh penulis adalah dengan menambah fasilitas pelayanan menjadi 4 fasilitas pada hari ramai (sabtu) dan hari sepi (rabu) karena dapat dilihat waktu menunggu pelanggan berkurang walaupun biaya pelayanan meningkat. Kata Kunci : Sistem Antrian, Efisiensi Pelayanan, Multi Channel-Single Phase EP - 80 ER -