TY - THES TI - Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017. UR - http://eprints.unpak.ac.id/2280/ PB - Universitas Pakuan N2 - Martin Yohanes Uria. 022115046. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2017. Pembimbing: Hendro Sasongko dan Asep Alipudin. 2019. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham suatu perusahaan. Nilai perusahaan menjadi penting karena menyangkut citra suatu perusahaan dan menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Terdapat berbagai cara meningkatkan nilai perusahaan, antara lain dengan pengungkapan corporate social responsibility, meningkatkan ukuran perusahaan, dan meningkatkan intellectual capital perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji pengaruh (1) corporate social responsibility, (2) ukuran perusahaan, dan (3) intellectual capital secara parsial terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI pada periode 2013 ? 2017, dan (4) menguji pengaruh corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan intellectual capital secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI pada periode 2013 ? 2017. Penelitian mengenai corporate social responsibility, ukuran perusahaan, intellectual capital, dan nilai perusahaan dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada perusahaan konstruksi bangunan dengan menggunakan data sekunder dengan metode penarikan sampel berupa purposive sampling. Metode analisis data berupa analisis kuantitatif dengan menggunakan uji kesesuaian model, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan program Eviews 9. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini terjadi karena informasi pengungkapan CSR yang belum lengkap dan detail membuat informasi CSR dipandang sebagai suatu yang merugikan bagi perusahaan yang membuat nilai perusahaan menjadi turun. Ukuran perusahaan juga berpengaruh negatif signifikan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini disebabkan oleh peningkatan total aset di dalam suatu perusahaan juga meningkatkan risiko penggunaan aset untuk kepentingan manajemen sendiri yang diikuti juga dengan peningkatan agency cost untuk menjaga hal itu agar tidak terjadi dan peningkatan total aset ini tidak diikuti dengan peningkatan laba bersih yang signifikan, sehingga persepsi investor menjadi negatif terhadap perusahaan. Intellectual capital secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal ini disebabkan karena intellectual capital masih asing di Indonesia, oleh sebab itu informasi intellectual capital belum dapat memengaruhi nilai perusahaan dan intellectual capital masih belum dapat menciptakan nilai tambah yang signifikan bagi peusahaan, oleh karena itu investor sering kali mengabaikan intellectual capital perusahaan. Secara simultan, corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan intellectual capital berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Intellectual Capital, dan Nilai Perusahaan Y1 - 2019/04/16/ ID - eprintsunpak2280 AV - restricted M1 - Skripsi A1 - Yohanes Uria, Martin A1 - Sasongko, Hendro A1 - Alipudin, Asep ER -