eprintid: 2297 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/22/97 datestamp: 2022-08-29 14:04:32 lastmod: 2022-08-29 14:04:32 status_changed: 2022-08-29 14:04:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Mauliddin, Muhamad Rizaldy creators_name: Dwiastuti, Sri Rahayu creators_name: Mubarock, Wildan Fauzi creators_NPM: 032116058 creators_NPM: 10584055050 creators_NPM: 10416032739 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dwiastuti, Sri Rahayu contributors_name: Mubarock, Wildan Fauzi contributors_NIDN: 0417025701 contributors_NIDN: 0407128409 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji novel Ayah karya Andrea Hirata berdasarkan tipe kepribadian menurut Hipocrates-Galenus serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Fokus permasalahannya yaitu “Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Ayah Karya Andrea Hirata”. Kemudian, sesuai dengan objek penelitiannya, maka metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan psikologi sastra serta teknik membaca dan mencatat sebagai teknik pengumpulan datanya. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan teori psikologi kepribadian yang telah dikemukakan oleh Hippocrates-Galenus, ditemukan empat tipe kepribadian yang sesuai dengan tokoh utama dalam novel Ayah ini. Dari empat tipe tersebut yang paling dominan adalah tipe Koleris (KS). Hal ini tidak mengherankan, karena keberanian dan keoptimisan tokoh utama diiringi berbagai cara untuk mempertahankan segala hal yang ia cintai, hampir selalu tergambarkan dalam setiap lembaran novel. Implikasi yang dapat diterapkan dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia adalah kompetensi menganalisis pesan atau amanat dalam buku fiksi. Selain nilai-nilai yang diperoleh dalam novel Ayah karya Andrea Hirata mengenai keberanian dan keteguhan terhadap yang disayangi, peserta didik juga dapat mengasah kepekaan diri dengan memahami cerita dan karakter tokoh dalam novel melalui hasil analisis ini. Kata Kunci: Kepribadian, Tokoh Utama, Novel. date: 2021-02-03 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Mauliddin, Muhamad Rizaldy and Dwiastuti, Sri Rahayu and Mubarock, Wildan Fauzi (2021) ANALISIS ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL AYAH KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2297/1/2021%20B.IND%20Muhamad%20Rizaldy.pdf