%A Agis Kristiyanti %A Tri Mahajani %A Sandi Budiana %I Universitas Pakuan %D 2020 %X Agis Kristiyanti: Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas VII SMP Bina Putera. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu acuan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran tersusun dan terlaksana dengan baik. Pada RPP terdapat komponen penting salah satunya, yaitu model pembelajaran. Peneliti menganalisis mengenai sintak model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada teks deskripsi kelas VII SMP Bina Putera. Subfokus pada penelitiam ini adalah kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Bina Putera. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang berarti hasil penelitian akan dijabarkan berupa kata-kata dari beberapa temuan data yang diolah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka untuk mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Bina Putera. Berdasarkan hasil analisis tersebut, ditemukan sebanyak 61 data yang terdapat pada tiga kali pertemuan. Hasil penelitian secara keseluruhan RPP tersebut telah menerapakan keenam sintak model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Deskripsi. %L eprintsunpak2354 %T ANALISIS LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DICSOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI KELAS VII SMP BINA PUTERA