eprintid: 2411 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 49 dir: disk0/00/00/24/11 datestamp: 2022-08-29 14:15:00 lastmod: 2022-08-29 14:15:00 status_changed: 2022-08-29 14:15:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novianti, Lilian creators_name: Dewi, Indarti Komala creators_name: Mansyur, Umar creators_NPM: 052114036 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dewi, Indarti Komala contributors_name: Mansyur, Umar contributors_NIDN: 0003025801 contributors_NIDN: 0015106701 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Teknik corp_creators: Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota title: Identifikasi Transjakarta Sebagai Transportasi Publik Ramah Lansia (Studi Kasus: Koridor 1: Blok M - Stasiun Kota) ispublished: pub subjects: SF divisions: Pro_pwk full_text_status: public abstract: Pada tahun 2050 penduduk perkotaan dunia didominasi oleh penduduk lansia, termasuk Indonesia. Sehingga dibutuhkan pembangunan perkotaan yang ramah lansia. Provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang berupaya mewujudkan Kota Ramah Lansia yang dimana salah satu kriterianya yaitu transportasi yang layak dan ada prioritas untuk lansia. Salah satu transportasi umum yang menjadi andalan di Provinsi DKI Jakarta yaitu adalah Transjakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2004. Tujuan dari penelitian ini yaitu adalah mengidentifikasi kondisi eksisting Transjakarta berdasarkan pendapat lansia, mengidentifikasi kesesuaian Transjakarta berdasarkan kriteria angkutan umum penumpang (bus) ramah lansia, dan mengidentifikasi kebutuhan lansia terkait tranportasi ramah lansia. Metode penelitian yang dilakukan antara lain metode pengumpulan data melalui wawancara dengan pakar untuk menguji kriteria angkutan umum penumpang (bus) lansia yaitu, kehandalan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan, serta kemudahan. Kemudian melakukan observasi lapangan dan penyebaran kuesioner kepada lansia yang menggunakan moda angkutan Transjakarta dengan mengacu pada kriteria. Sedangkan metode analisis yang digunakan yaitu analisis kuantitatif (pembobotan) dan analisis kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menghasilkan bahwa kondisi eksisting Transjakarta saat ini berdasarkan pandangan masyarakat yaitu memeiliki nilai rata-rata 76,9% yang artinya baik. Selanjutnya kesesuaian Transjakarta berdasarkan kriteria angkutan umum penumpang (bus) ramah lansia yaitu secara keseluruhan Transjakarta memiliki nilai 65,75% yang dapat diartikan yaitu ketersediaannya terpenuhi dengan kondisi sedang atau cukup baik. Kemudian tingkat kebutuhan lansia terkait transportasi publik ramah lansia ini cukup tinggi, yaitu kehandalan 75,9%, kenyamanan 85,6%, keamanan dan keselamatan 86,4% serta kemudahan 79,8%. Secara keseluruhan dari 21 indikator yang ada, terdapat 11 indikator yang sangat diperlukan oleh lansia saat ini. date: 2020-10 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Novianti, Lilian and Dewi, Indarti Komala and Mansyur, Umar (2020) Identifikasi Transjakarta Sebagai Transportasi Publik Ramah Lansia (Studi Kasus: Koridor 1: Blok M - Stasiun Kota). Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2411/1/Lilian%20Novianti%20052114036_cover.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2411/2/Lilian%20Novianti%20052114036_pengesahan.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2411/3/Lilian%20Novianti%20052114036_abstrak.pdf