<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas \r\nBogor Tengah"^^ . "MUHAMAD HILWAN LIPAPI, 021115138, Program Studi Manajemen, Manajemen Operasi, \r\nAnalisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas \r\nBogor Tengah, di bawah bimbingan Ibu TUTUS RULLY dan Bapak DONI WIHARTIKA, Tahun \r\n2019.\r\nAntrian adalah suatu garis tunggu pelanggan yang menunggu untuk mendapatkan pelayanan \r\ndengan fasilitas yang dimiliki oleh penyedia jasa. Antrian yang panjang tentu tidak efisien sehingga \r\nmenimbulkan waktu tunggu yang lama. Hal ini dapat terjadi karena kebutuhan akan layanan melebihi \r\nkapsitas fasilitas pelayanan yang dimiliki oleh penyedia jasa, selain itu antrian dapat terjadi pula \r\nkarena pada saat yang bersamaan bagian pelayanan sedang melayani pelanggan lain, sehingga tidak \r\nmampu melayani secara bersamaan. Fenomena antrian dapat kita temukan pada Pusat Kesehatan \r\nMasyarakat. Puskesmas merupakan salah satu jenis perusahaan jasa berupa organisasi fungsional yang \r\nbergerak dalam bidang fasilitas pelayanan bagi masyarakat yang berupaya untuk menyelenggarakan \r\nkesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau bagi setiap \r\nindividu masyarakat. Salah satunya terdapat pada Puskesmas Bogor Tengah yang berlokasi di Jalan\r\nTelpon No.1, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Puskesmas ini \r\nmemiliki 2 loket pelayanan registrasi pasien dengan fasilitas pelayanan yang meliputi: Poli Umum, \r\nPoli Gigi, Poli KIA dan KB, Laboratorium, Rontgen, Radologi, UGD persalinan 24 jam serta Rawat \r\nInap. Lamanya prosedur registrasi pasien serta pelayanannya seringkali menimbulkan ketidak \r\nnyamanan bagi pasien, pada pelayanan loket registrasi pasien yang ramai di datangi pelanggan terjadi \r\npada setiap hari senin yang kerap terjadi antrian dikarenakan jumlah loket yang tidak memadai dan \r\npelayanan pasien yang melebihi waktu standar. Adapun waktu standar pelayanan registrasi pasien \r\npada Puskesmas Bogor Tengah yaitu 5 menit. \r\nTujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan sistem antrian pada \r\nPuskesmas Bogor Tengah. (2) Untuk mengetahui proses pelayanan pada Puskesmas Bogor Tengah. \r\n(3) Untuk mengetahui penerapan sistem antrian dan efisiensi pelayanan registrasi pasien pada \r\nPuskesmas Bogor Tengah. Data yang digunakan yaitu data primer yang berupa hasil observasi dan \r\nwawancara serta data skunder yang diperoleh dari studi kepustakaan. Metode analisis data berupa \r\nAnalisis Deskriftif dengan metode analisis antrian jalur ganda (Multi Channel-Single Phase) dan\r\nmengukur efisiensi pelayanan dengan perhitungan biaya antrian yang meliputi biaya pelayanan dan \r\nbiaya menunggu. \r\nHasil penelitian menunjukan bagaimana meningkatkan efisiensi pelayanan registrasi pasien,\r\npada hari ramai (senin) disarankan menggunakan 3 loket lebih baik dibandingkan menggunakan 2 \r\nloket karena total biaya lebih rendah dengan waktu tunggu pasien untuk mendapatkan pelayanan\r\nberkurang. Sedangkan untuk pelayanan registrasi pasien pada hari sepi (jumat) tetap menggunakan 2 \r\nloket karena memiliki total biaya terendah. Hal ini diperlukan agar pelayanan pada Puskesmas Bogor \r\nTengah dapat berjalan lebih efisien.\r\nKata Kunci : Sistem Antrian, Multi Channel-Single Phase, Efisiensi Pelayanan"^^ . "2019-05-07" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Program Studi Manajemen, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . . "Tutus"^^ . "Rully"^^ . "Tutus Rully"^^ . . "Doni"^^ . "Wihartika"^^ . "Doni Wihartika"^^ . . "Muhamad Hilwan"^^ . "Lipapi"^^ . "Muhamad Hilwan Lipapi"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Ekonomi Dan Bisnis"^^ . . . "Program Studi Manajemen"^^ . . . . . . . "Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas \r\nBogor Tengah (Text)"^^ . . . "Analisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas \r\nBogor Tengah (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #2431 \n\nAnalisis Sistem Antrian Dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Registrasi Pasien Pada Puskesmas \nBogor Tengah\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen operasi" . . . "Manajemen" . .