eprintid: 2463 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 49 dir: disk0/00/00/24/63 datestamp: 2022-08-29 14:27:51 lastmod: 2022-08-29 14:27:51 status_changed: 2022-08-29 14:27:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Murad, Rana Fanindya Putri creators_NPM: 05211 6046 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Dewi, Indarti Komala contributors_name: Hidayat, Janthy T. contributors_NIDN: 0003025801 contributors_NIDN: 0415026302 corp_creators: Unversitas Pakuan corp_creators: Fakultas Teknik corp_creators: Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota title: Implementasi Konsep Kota Kreatif Di Kota Bogor ispublished: pub subjects: SF divisions: Pro_pwk full_text_status: public abstract: Indonesia saat ini memiliki 3 (tiga) kota yang telah ditetapkan sebagai kota kreatif menurut NESCO dan 10 (sepuluh) kabupaten/kota kreatif menurut Bekraf. Ekonomi kreatif termasuk lah satu program unggulan Kota Bogor yang diamanatkan dalam RPJMD Kota Bogor 2019 2024. Tujuan penelitian adalah menganalisis kondisi eksisting Kota Bogor berdasarkan parameter kota kreatif serta menganalisis keterlibatan dan keterkaitan stakeholder dalam mewujudkan Kota Bogor sebagai Kota Kreatif. Metode analaisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui observasi, kuesioner dan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui kajian literatur dan kebijakan terkait. Parameter kota kreatf yang digunakan meliputi: ekonomi kreatif, golongan/komunitas kreatif dan lingkungan kreatif. Variabel-variabel kota kreatif bersumber dari formula Kota Kreatif Indonesia dan UNESCO. Analisis keterlibatan dan keterkaitan stakeholder dalam mewujudkan Kota Kreatif menggunakan model pentahelix dan pengukuran dalam Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK31). Berdasarkan analisis yang sudah dilakukan didapatkan bahwa 2 (dua) dari 3 (tiga) parameter kota kreatif sudah terpenuhi di Kota Bogor itu parameter ekonomi kreatif dan lingkungan kreatif. Terdapat 5 (lima) kelompok stakeholder yang berperan dalam mewujudkan kota kreatif di Kota Bogor. Diantara 13 (tiga belas) variabel yang ditetapkan dalam penelitian ini, terdapat 11(sebelas) variabel sudah terpenuhi. Saat ini Kota Bogor belum sepenuhnya menjadi Kota Kreatif. date: 2021-07 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Teknik Perencanaan Wilayah Dan kota thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Murad, Rana Fanindya Putri (2021) Implementasi Konsep Kota Kreatif Di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2463/1/Rana%20Fanindya%20Putri%20Murad_052116046_cover.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2463/2/Rana%20Fanindya%20Putri%20Murad_052116046_pengesahan.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2463/3/Rana%20Fanindya%20Putri%20Murad_052116946_abstrak.pdf