%A Yerry Gerson Rumawak %A Hari Muharam %A Sufrin Hannan %I Universitas Pakuan %D 2019 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan antara Kualitas pelayanan dan servicescape dengan kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Kota Bogor sebanyak 457 pelanggan, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin setelah dilakukan perhitungan diperoleh sampel sebanyak 231 Sampel. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Data yang terkumpul selanjutnya diolah menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kualitas pelayanan secara parsial berhubungan postif kriteria kuat dengan kepuasan pelanggan, 2.Servicescape secara parsial berhubungan positif kuat dengan kepuasan pelanggan, 3.Kualitas pelayanan dan Servicescape secara bersama berkorelasi positif sangat kuat dengan kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,830 selanjutnya hubungan fungsionalnya diperoleh persamaan Y = 16,043 + 0,550Xl+ 0,589X2 dan koefisien determinasi (R.Square) atau kontribusi kualitas pelayanan dan servicescape secara bersama-sama dengan kepuasan pelanggan sebesar 0,688 atau 68,%. %L eprintsunpak2494 %T Hubungan Kualitas Pelayanan dan Servicescape dengan Kepuasan Pelanggan pada kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Kota Bogor