eprintid: 250 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/02/50 datestamp: 2022-08-25 02:23:41 lastmod: 2022-08-25 02:23:41 status_changed: 2022-08-25 02:23:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurkholisoh, Lely creators_name: Badruzzaman, Nedin creators_name: Mulyawati, Yuli creators_NPM: 037117077 creators_NPM: 8807070018 creators_NPM: 1.0212009578 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Badruzzaman, Nedin contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 8807070018 contributors_NIDN: 100212009578 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: FKIP corp_creators: PGSD title: PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Desain 2 Group Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Nagrak 06 Tahun Ajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: LB1501 subjects: LT divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Lely Nurkholisoh. 037117077. Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Subtema Pelestarian Kekayaan sumber Daya Alam di Indonesia. Skripsi Program studi pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Eksperimen Quasi Desain Dua Group. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia melalui model Problem Based Learning pada peserta didik kelas IVB dan model pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas IVA di Sekolah Dasar Negeri Nagrak 06 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 72,56 dengan ketuntasan hasil belajar 94% sedangkan kelompok kelas kontrol sebesar 59,56 dengan ketuntasan hasil belajar 83%. Selain itu pengujian hipotesis dua arah yang menunjukkan thitung 4,437 > ttabel 1,994 dengan dk 70 dan taraf signifikansi 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia di kelas IV SD Negeri Nagrak 06 Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based learning date: 2021-07-21 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Nurkholisoh, Lely and Badruzzaman, Nedin and Mulyawati, Yuli (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Pendekatan Penelitian Eksperimen Kuasi Desain 2 Group Pada Peserta Didik Kelas IVA dan IVB Sekolah Dasar Negeri Nagrak 06 Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/250/1/2021%20PGSD%20LELY.pdf