%D 2021 %T Evaluasi Cost of Revenue dan Metode Penetapan Harga Jasa dalam Menilai Kinerja Perusahaan pada Bullet Lake Records %L eprintsunpak2604 %X Ziehan Hadi, 022117143, akuntansi, akuntansi manajemen. Evaluasi Cost of Revenue dan Metode Penetapan Harga Jasa dalam Menilai Kinerja Perusahaan pada Bullet Lake Records. Dibimbing oleh Hari Gursida dan Retno Martanti Endah L. 2021. Untuk dapat mengetahui bahkan meningkatkan kinerjanya, perusahaan perlu memperhatikan bahwa biaya dan harga berkaitan erat dengan laba yang akan diperoleh. Pada perusahaan manufaktur, perhitungan HPP dikenal dengan istilah Cost of Goods Sold (COGS) sedangkan pada perusahaan jasa perhitungan HPP lebih dikenal dengan istilah Cost of Revenue (COR). Cost of Revenue (COR) adalah total dari semua biaya yang dikeluarkan secara langsung dalam memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan produk dan jasa perusahaan kepada pelanggan. Biaya pendapatan atau Cost of Revenue harus diidentifikasi dan ditetapkan secara tepat agar dapat menghasilkan biaya yang akurat, efisien, dan efektif. Penetapan cost of revenue juga berpengaruh pada penentuan harga jasa. Penetapan harga jasa harus ditentukan secara tepat, cermat, dan akurat karena jika tidak akan berakibat fatal pada masalah kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi cost of revenue dan penetapan harga jasa dalam menilai kinerja perusahaan. Data diperoleh dari wawancara dan observasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Bullet Lake Records untuk memenuhi kewajiban atau hutangnya sangat besar. Laba yang diperoleh Bullet Lake Records juga cukup stabil dan sudah tercapai, namun Bullet Lake Records masih belum dapat menggunakan asetnya secara baik dan optimal dalam menghasilkan laba. Selain itu Bullet Lake Records juga cukup baik dalam pengelolaan piutangnya. Namun setelah melakukan penerapan cost of revenue dan penetapan harga jasa, kinerja perusahaan mengalami penurunan yang disebabkan terjadinya penurunan harga karena menggunakan metode standard markup pricing. Oleh karena itu penulis menyarankan untuk meningkatkan penjualan dengan mencoba mengerjar market baru agar aset tetap lebih sering berputar dan lebih optimal dalam menghasilkan laba. Perusahaan juga dapat mengajukan pinjaman untuk mengembangkan usaha. Kata kunci: Cost of Revenue, Metode Penetapan Harga, Standard Markup Pricing, Kinerja Perusahaan, Rasio Keuangan %A Ziehan Hadi %A Hari Gursida %A Retno Martanti Endah Lestari %I Universitas Pakuan