%A Adrizal Haqie %A Edy Sudaryanto %A Herman Herman %D 2021 %L eprintsunpak2616 %X Adrizal Haqie NPM 021116361. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Karyawan Bidang Pelayanan dan Penetapan pada BAPPENDA Kabupaten Bogor. Pembimbing: EDY SUDARYANTO dan HERMAN. 2021 Adanya penurunan kinerja karyawan sehingga di identifikasi berpengaruh pada kecerdasan emosional karyawan BAPPENDA Kabupaten Bogor. Maka tujuan penelitian ini diperlukan untuk menjelaskan keadaan kecerdasan emosional dengan kinerja karyawan dan hubungan kecerdasan emosional dengan kinerja karyawan bidang pelayanan dan penetapan BAPPENDA Kabupaten Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan metode Explanatory Survey. Teknik penelitian kuantitatif. Metode analisis data merupakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif, analisis koefesien korelasi rank spearman, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis koefesien korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional dengan kinerja karyawan BAPPENDA Kabupaten Bogor memiliki hubungan yang positif. Hasil koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,757 artinya memiliki tingkat hubungan kategori kuat. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukan sebesar 57,3%, sedangkan sisanya sebesar 43,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar kecerdasan emosional yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji hipotesis koefisien korelasi (8,704 > 1,711). Maka kesimpulannya adalah terdapat hubungan yang kuat antara kecerdasan emosional dengan kinerja karyawan bidang pelayanan dan penetapan BAPPENDA Kabupaten Bogor. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kinerja Karyawan. %I Universitas Pakuan %T Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kinerja Karyawan Bidang Pelayanan dan Penetapan pada BAPPENDA Kabupaten Bogor.