@phdthesis{eprintsunpak2629, year = {2020}, school = {Universitas Pakuan}, month = {July}, author = {Esti Puspita and David Rizar Nugroho and Imani Satriani}, title = {MOTIF PEMIRSA MENONTON KONTEN PRANK PADA KANAL YOUTUBE BAIM PAULA}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara segmentasi audiens dan mise en scene pada konten prank dengan motif menonton konten prank pada pemirsa kanal YouTube Baim Paula. Penelitian ini membahas mengenai komunikasi massa, segmentasi audiens, mise en scene dan motif. Teori yang digunakan ialah uses and gratification. Terdapat tiga variabel yaitu segmentasi audiens indikator yang digunakan adalah usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan, pendapatan dan tempat tinggal. Indikator yang digunakan pada variabel mise en scene adalah setting/atar, kostum dan tata rias wajah, pencahayaan, serta pemain dan pergerakan. Indikator yang digunakan untuk mengukur motif yaitu motif informasi, motif identitas pribadi, motif integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan. Penelitian ini dilaksanakan pada pemirsa yang menonton konten prank di kanal YouTube Baim Paula, melalui google form pada bulan Mei 2020. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, dengan rumus slovin sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan data dan analisis data yang digunakan yaitu kuesioner, analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik (Rank Spearman dan Chi Square).}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/2629/} }