%0 Thesis %9 Skripsi %A Haryani, Heni %A Mahajani, Tri %A Mukodas %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan, %A Pendidikan Bahasa dana Sastra Indonesia, %B Pendidikan Bahasa & Sastra %D 2021 %F eprintsunpak:2743 %I Universitas Pakuan %T ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA TEKS BERITA ONLINE MEDIABOGOR.COM EDISI JANUARI-JUNI 2020 SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP KELAS VIII %U http://eprints.unpak.ac.id/2743/ %X ABSTRAK Heni Haryani. Analisis Makna Konotatif pada Teks Berita Online Mediabogor.com Edisi Januari-Juni 2020 serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kata yang bermakna konotatif pada teks berita online Mediabogor.com edisi Januari-Juni 2020 dan untuk mengetahui implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena jenis datanya uraian. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan berita yang diambil dari teks berita online Mediabogor.com edisi Januari-Juni 2020 dengan mengutip data yang dibutuhkan sesuai dengan penelitian yang telah ditetapkan yaitu kata yang mengandung makna konotatif (Bernilai rasa positif, negatif, maupun netral), kemudian dianalisis dengan memberikan deskripsi atau penjelasan dengan mengacu pada teori mengenai makna konotatif. Hasil analisis mengenai makna konotatif dalam penelitian ini seluruhnya berjumlah 60 dari 33 teks berita yang berbeda-beda dan tanggal terbit yang berbedapula. Makna konotatif terdiri dari makna konotatif bernilai rasa positif, negatif, dan netral. Makna konotatif bernilai rasa positif sebanyak 18 temuan (30%), lalu makna konotatif bernilai rasa negatif sebanyak 27 temuan (45%), dan makna konotatif bernilai rasa netral sebanyak 15 temuan (25%). Hasil penelitian ini memberikan implikasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia yaitu dapat dijadikan sebagaibahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VIII semester 1. Hal tersebuat sesuai dengan isi kajian dalam kurikulum 2013 Kata Kunci : makna konotatif, teks berita