eprintid: 2753 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/27/53 datestamp: 2022-08-29 15:06:48 lastmod: 2022-09-20 03:59:36 status_changed: 2022-08-29 15:06:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Gustiani, Radila Dwi creators_name: Mahajani, Tri creators_name: Mubarock, Wildan Fauzi creators_NPM: 032116048 creators_NPM: 0422026501 creators_NPM: 0407128409 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mahajani, Tri contributors_name: Mubarock, Wildan Fauzi contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0407128409 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PEMBELAJARAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI) KELAS VII SMP NEGERI 9 BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Radila Dwi Gustiani: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Narasi (fantasi) Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Narasi (fantasi) Siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor. RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan suatu rencana yang dibuat oleh guru secara sistematis dengan mengacu pada silabus dan bertujuan untuk mencapai suatu kompetensi secara maksimal dan dapat diakui RPP merupakan suatu rencana yang diperlukan oleh seorang guru dalam kegiatan tatap muka dengan peserta didik untuk mempermudah proses belajar mengajar agar mencapai suatu kompetensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan oleh peneliti berupa sebuah kalimat dan paragraf sesuai sintaks pada model pembelajaran Discovery Learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang digunakan oleh peneliti, yaitu studi kepustakaan. Hasil analisis data pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) teks narasi (fantasi) siswa kelas VII SMP Negeri 9 Bogor dinyatakan telah sesuai dengan sintaks yang ada pada model Discovery Learning yang didalamnya terdiri atas stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, dan generalization. Dapat dijelaskan bahwa stimulation merupakan pemberi rangsangan kepada peserta didik, problem statement merupakan identifikasi masalah, data collection merupakan pengumpulan data, data processing merupakan pengolahan data, verification merupakan pembuktian, dan generalization merupakan simpulan. Kata Kunci: Discovery Learning, RPP, Teks Narasi (fantasi) date: 2020-05-11 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Gustiani, Radila Dwi and Mahajani, Tri and Mubarock, Wildan Fauzi (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PEMBELAJARAN TEKS NARASI (CERITA FANTASI) KELAS VII SMP NEGERI 9 BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2753/1/2020%20PBSI%20RADILA.pdf