relation: http://eprints.unpak.ac.id/2758/ title: Hubungan Penggunaan Media Pemasaran Politik KPU (Rumah Pintar Pemilu) Dengan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Di Kota Bogor creator: KURNIAWAN, ANDRI creator: JAYAWINANGUN, RONI creator: NUGROHO, PRASETYO ADI subject: Manajemen Komunikasi description: Meskipun terdapat banyak media yang membahas tentang pengetahuan politik, tetapi tetap tingkat golput semakin meningkat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik Pemilih Pemula Di Kota Bogor, mengetahui bagaimana penggunaan media pemasaran politik KPU (Rumah Pintar Pemilu) pada pemilih pemula di Kota Bogor, mengetahui partisipasi politik pemilih pemula di Kota Bogor, dan mengetahui bagaimana hubungan penggunaan media pemasaran politik KPU (Rumah Pintar Pemilu) dengan partisipasi pemilih pemula di Kota Bogor. Pada penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian hubungan kausal Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di Kota Bogor. Dalam memperoleh data digunakan metode angket atau kuesionser, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah pemilih pemula di Kota Bogor usia 17-21 Tahun, dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dan penentuan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Instrumen penelitian diuji validitas dengan Pearson Product Moment reliabilitas dengan Cronbach's Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skor rataan, dan uji korelasi Rank Spearmen Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) mayoritas responden adalah berjenis kelamin laki-laki, berusia 17 tahun, bertingkat pendidikan SMA, dan mayoritas penduduk adalah asal Kota Bogor (2) Variabel Daya Tarik Iklan terdiri dari empat indikator yaitu, durasi, frekuensi, atensi, dan jenis isi media yang diikuti dimana rentang kriteria pada indikator durasi termasuk kriteria tinggi, frekuensi termasuk kriteria rendah, atensi termasuk kriteria tinggi, dan jenis isi media yang diikuti termasuk kriteria tinggi (3) Variabel partisipasi politik terdiri dari lima indikator yakni, partisipasi dalam kegiatan pemilihan, partisipasi dalam melobi, partisipasi dalam kegiatan organisasi, partisipasi dalam mencari koneksi, dan partisipasi tindak kekerasan dimana rentang kriteria pada indikator kegiatan pemilihan termasuk pada kategori tinggi, melobi termasuk pada kategori tinggi, kegiatan organisasi termasuk pada kategori tinggi, mencari koneksi termasuk pada kategori tinggi, dan tindak kekerasan termasuk pada kategori rendah. (4) Hubungan antara penggunaan media dengan partisipasi politik terdapat hubungan yang signifikan pada variabel penggunaan media terhadap partisipasi politik pemilih pemula di Kota Bogor yang diperoleh dari hasil uji korelast rank spearmen dengan nilai korelasi sebesar 0.436 dengan taraf sangat nyata dibawah nilai 0.001 Kata Kunci: Pemasaran Poluuk Rumah Pintar Pemilu Partisipasi Politik, Pemilih Pemula date: 2019-10-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/2758/1/CamScanner%2008-29-2022%2015.05.pdf identifier: KURNIAWAN, ANDRI and JAYAWINANGUN, RONI and NUGROHO, PRASETYO ADI (2019) Hubungan Penggunaan Media Pemasaran Politik KPU (Rumah Pintar Pemilu) Dengan Partisipasi Politik Pemilih Pemula Di Kota Bogor. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.