<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "ANALISIS TINDAK TUTUR PADA FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY \r\nOCTAVIAND DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA \r\nINDONESIA DI SMP"^^ . "ABSTRAK\r\nReni Saputri Ningsih: Analisis Tindak Tutur Pada Film Stip Dan Pensil Karya \r\nArdy Octaviand Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia \r\nDi SMP. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas \r\nKeguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2022.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tindak tutur pada film Stip & Pensil \r\nkarya Ardy Octaviand dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di \r\nSMP. Sumber data utama penelitian ini yaitu film Stip & Pensil karya Ardy \r\nOctaviand yang rilis pada tanggal 20 April 2017. Metode penelitian yang digunakan \r\nadalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian berupa kutipan tuturan film yang \r\nmengandung tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam film Stip & Pensil \r\nkarya Ardy Octaviand. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang \r\ndigunakan yaitu metode simak, dengan teknik dasar yaitu teknik sadap dilanjut \r\ndengan teknik bebas libat cakap kemudian teknik catat. Pada hasil penelitian ini \r\nmenemukan beberapa jenis tindak tutur yang digunakan dalam tuturan dialog pada film Stip \r\n& Pensil karya Ardy Octaviand, yaitu tindak tutur lokusi meliputi deklaratif, \r\ninterogatif, dan imperatif. Tindak tutur ilokusi meliputi asertif, direktif, komisif, \r\ndeklaratif, dan ekspresif. Tindak tutur perlokusi meliputi representatif, direktif, \r\nkomisif, ekspresif, dan deklaratif. Adapun jenis tindak tutur yang paling dominan \r\nyang sering muncul pada dialog film tersebut adalah tindak tutur ilokusi. Hasil pada \r\npenelitian ini memberi implikasi yang positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia \r\ndi SMP, khususnya kelas VIII dengan materi teks ulasan. Berdasarkan hasil penelitian \r\nini, diharapkan siswa dapat menelaah dan menganalisis struktur dan kebahasaan pada \r\nfilm. Dan menyajikannya tanggapan baik lisan atau tulis dengan memperhatikan \r\nstruktur, unsur kebahasaan atau aspek lisan. \r\nKata Kunci : Film Stip & Pensil, Tindak Tutur, Pembelajaran Bahasa Indonesia"^^ . . . "Unieversitas Pakuan"^^ . . . "Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unieversitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Tri"^^ . "Mahajani"^^ . "Tri Mahajani"^^ . . "Aam"^^ . "Nurjaman"^^ . "Aam Nurjaman"^^ . . "Reni Saputri"^^ . "Ningsih"^^ . "Reni Saputri Ningsih"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Pendidikan"^^ . . . "Pendidkan Bahsa dan Sastra Indonesia"^^ . . . . . . . "ANALISIS TINDAK TUTUR PADA FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY \r\nOCTAVIAND DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA \r\nINDONESIA DI SMP (Text)"^^ . . . "PBSI2022 RENI S.pdf"^^ . . "HTML Summary of #2764 \n\nANALISIS TINDAK TUTUR PADA FILM STIP & PENSIL KARYA ARDY \nOCTAVIAND DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA \nINDONESIA DI SMP\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA" . .