eprintid: 2774 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/27/74 datestamp: 2022-08-29 15:09:36 lastmod: 2022-09-20 03:58:47 status_changed: 2022-08-29 15:09:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hakim, Lukman creators_name: Rosdiana, Rina creators_name: Talitha, Stella creators_NPM: 032116102 creators_NPM: 0017017001 creators_NPM: 0417099101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rosdiana, Rina contributors_name: Talitha, Stella contributors_NIDN: 0017017001 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MATERI TEKS BERITA KELAS VIII SMP ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rancangan yang dibuat oleh pengajar sebagai panduan sebelum melaksanakan pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar terlaksana dengan baik. Pada RPP terdapat beberapa komponen penting salah satunya model pembelajaran. Penelitian ini mengkaji mengenai sintak model pembelajaran discovery learning yang diterapkan pada RPP teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Pageruyung Kabupaten Kendal. Fokus penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Pageruyung Kabupaten Kendal dan subfokus penelitian ini adalah kesesuian kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran SMP Negeri 1 Pageruyung Kabupaten Kendal, yaitu stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan/identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), dan generalization (menarik simpulan/generalisasi). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian penerapan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Pageruyung Kabupaten Kendal. Metode yang digunakan, yaitu metode deskriptif kualitatif, artinya hasil penelitian akan dipaparkan berupa kata-kata dari beberapa temuan data yang telah diolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pengkajian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Pageruyung Kabupaten Kendal. Dari hasil analisis tersebut ditemukan 30 data yang terdiri atas 3 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan RPP tersebut telah menerapkan kelima sintak model pembelajaran discovery learning dinyatakan dalam beberapa kegiatan pembelajaran yang terdapat pada RPP dimulai dari kegiatan mengamati, menanyakan, pengumpulan informasi dan data, mencoba, presentasi hasil penyelesaian masalah dari data yang telah didapatkan sebelumnya. Hal tersebut menjelaskan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Pageruyung Kabupaten Kendal sudah sesuai dalam menerapkan sintak/langkah model pembelajaran discovery learning. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Teka Berita. date: 2021-12-28 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Hakim, Lukman and Rosdiana, Rina and Talitha, Stella (2021) ANALISIS KESESUAIAN LANGKAH-LANGKAH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN MATERI TEKS BERITA KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/2774/1/2021%20PBSI%20LUKMAN%20HAKIM.pdf