TY - THES N2 - Annisa Nurul Jannah: Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dan untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery leraning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dan dideskripsikan dengan mengacu pada langkah dan sintak model discovery learning. Sebagai analisis pembanding, penulis menggunakan metode triangulasi untuk menguji keabsahan data. Penelitian dilakukan pada empat kali pertemuan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketiga triangulator menyatakan bahwa hasil temuan data penelitian yang penulis dapatkan sudah memenuhi langkah dan sintak model discovery learning. Dengan demikian, mereka menyetujui hasil temuan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 2 Ciomas Kabupaten Bogorterdapat langkah-langkah model discovery learning. Pertama stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan), kedua problem statement (pernyataan atau identifikasi masalah), ketiga data collection (pengumpulan data), keempat data processing (pengolahan data), kelima verification (pembuktian), keenam generalization (menarik kesimpulan atau generalisasi), ketujuh penilaian pada model discovery learning. Dari hasil analisis langkah stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) ditemukan 5 kutipan, problem statement (pernyataan atau identifikasi masalah) 4 kutipan, data collection (pengumpulan data) 8 kutipan, data processing (pengolahan data) 5 kutipan, verification (pembuktian) 4 kutipan, generalization (menarik kesimpulan atau generalisasi) 4 kutipan, penilaian pada model discovery learning 4 kutipan. Keseluruhan dari hasil temuan terdapat 34 data. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih model pembelajaran discovery learning. Kata kunci : Model discovery learning, rencana pelaksanaan pembelajaran, teks eksplanasi, kualitatif, dan triangulator. A1 - Jannah, Annisa Nurul A1 - Mahajani, Tri A1 - Mubarock, Wildan Fauzi Y1 - 2020/08/06/ UR - http://eprints.unpak.ac.id/2797/ PB - Universitas Pakuan TI - ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS VIII SMP NEGERI 2 CIOMAS KABUPATEN BOGOR ID - eprintsunpak2797 AV - public M1 - Skripsi ER -