%0 Thesis %9 Skripsi %A Suhenti, Ena %A NUGROHO, PRASETYO ADI %A Aminah, Ratih Siti %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Ilmu Komunikasi %D 2019 %F eprintsunpak:2801 %I Universitas Pakuan %T Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia %U http://eprints.unpak.ac.id/2801/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Customer Relationship Management (People, Procces, dan Technology) diukur dengan teori loyalitas. Metode yang digunakan menggunakan metode kuantitatif melalui metode pengumpulan data kuesioner dengan menggunakan skala likeart. Subjek dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah, yang mana jumlah tersebut dihitung menggunakan rumus Slovin. Dalam penelitian ini data dianalisis menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear sederhana dan uji hipotesis dengan menggunakan software dari SPSS versi 24. Kata Kunci: Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah.