%T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PESERTA DI BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN KOTA BOGOR %L eprintsunpak2819 %D 2019 %X Penelitian ini dilatarbelakangi dengan terjadinya peningkatan peserta dan keluhan peserta pada pelayanan di BPJS Kesehatan Kota Bogor sesuai dengan data kepesertaan pada tahun 2018, keluhan itu terjadi sebab banyak peserta yang belum merasa puas terhadap pelayanan BPJS Kesehatan Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan customer service kepuasan peserta BPJS Kesehatan Kota Bogor dalam mempertahankan kualitas pelayanan dan kepuasan peserta terhadap pelayanan yang tersedia di BPJS Kesehatan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu peserta BPJS Kesehatan Kota Bogor yang datang langsung pada bagian unit customer service dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, jumlah responden dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Dalam penelitian ini penentuan responden penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Uji validasi atau validitas menggunakan Product Moment Pearson dan Uji reliabilitas atau reliabel menggunakan Alpha Cronbach. Pengukuran uji regresi setiap variabel menggunakan Kolmogrov Smirnov untuk data dengan menggunakan skala ordinal. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan Kota Bogor, Customer Service, Kepuasan Peserta/pelanggan. %I Universitas Pakuan %A Gita Amalia %A Yogaprasta Adi Nugraha %A TIARA PUSPANIDRA