%A MUHAMMAD BILLY SAMBAMINATA %A RINA FITRIANA %A PARAMITA WINNY HAPSARI %I UNIVERSITAS PAKUAN %D 2020 %X Penelitian ini menggunakan analisi semiotik Roland Barthes, untuk menangkap makna yang terkandung dalam tanda, kode, dan konteks nasionalisme serta produk yang diiklankan. Selain itu penelitian ini diharapkan dapat mewakili representasi nasionalisme dalam iklan sebagai satu bentuk strategi periklanan. Dengan mengangkat karakter bangsa Jepang dan bagaimana membuktikan perwakilan nasionalisme dalam iklan tersebut. Penelitian ini berfokus pada bagaimana nasionalisme dan nilai budaya Jepang direpresentasikan dalam iklan Japan post holdings(2019) dan Toyota (2019) di olimpiade Tokyo 2020. Jenis peneitian ini adalah analisis teks media yakni semiotika Roland Barthes, dimana model tersebut mempunyai dua tataran penelitian, dengan menggunakan pendekatan konstruktivis yang melihat dari beragamnya pemikiran manusia dan hasil penelitiannya memiliki makna nasionalisme,dan nilai-nilai budaya yang terkandung %L eprintsunpak2825 %T REPRESENTASI NASIONALISME DAN NILAI-NILAI BUDAYA JEPANG PADA IKLAN JAPAN POST HOLDINGS (2019) DAN TOYOTA (2019) DI OLIMPIADE TOKYO 2020