TY - THES Y1 - 2022/04/21/ EP - 94 AV - restricted UR - http://eprints.unpak.ac.id/2967/ A1 - NOORYANI, HANI A1 - TAUFIQ, AHMAD BURHANUDDIN A1 - RAHMI, AMELIA ID - eprintsunpak2967 N2 - HANI NOORYANI 022118015. Penerapan Analisis Cost Volume Profit (CVP) Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Umkm Faroj Store Di Kabupaten Bogor. Dibawah bimbingan AHMAD BURHANUDDIN TAUFIQ dan AMELIA RAHMI. 2022 Dampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 juga dirasakan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Hal ini karena UMKM menempati posisi yang strategis dalam perekonomian secara umum. Di Indonesia, UMKM merupakan salah satu sektor strategis dalam perekonomian nasional, karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional yang cukup besar. Khususnya umkm faroj store yang terkena dampak karena adanya program social distancing yaitu menyebabkan penurunan pendapatan, sementara pelaku usaha harus tetap memenuhi kebutuhan hariannya. penjualan pada UMKM Faroj Store mengalami penurunan pada masa pandemi ini, jika tidak dilakukan perbaikan, umkm ini berpeluang mendapatkan kerugian. Melihat kondisi tersebut, umkm perlu melakukan perbaikan untuk meningkatkan persentase laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan Analisis Cost Volume Profit terhadap perencanaan laba pada UMKM Faroj Store. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif eksploratif, Metode pada penelitian ini adalah studi kasus. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yakni melakukan survey. Serta analisis data yang digunakan di penelitian ini adalah penelitian descriptive non statistics. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa analisis cost volume profit dapat digunakan untuk mengetahui dan membuat peramalan atau perencanaan laba produksi, dan mengetahui sejauh mana kondisi kinerja perusahaan dengan menggunakan analisis cost volume profit yaitu contribution margin, break even point, dan margin of safety. Dengan menerapkan analisis tersebut, umkm faroj store dapat mengetahui keuntungan, kerugian, serta dapat merealisasikan target laba yang direncanakan dan bisa menjadi acuan agar umkm bisa termotivasi agar dapat tercapainya target laba sehingga membantu pemilik umkm untuk menentukan kebijakan. Kata Kunci : Cost Volume Profit dan Perencanaan Laba M1 - Skripsi TI - Penerapan Analisis Cost Volume Profit (CVP) Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada Umkm Faroj Store Di Kabupaten Bogor PB - Universitas Pakuan ER -