TY - THES M1 - Skripsi AV - restricted Y1 - 2022/04/22/ TI - Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftartar di Bursa Efek Indoensia (BEI) Tahun 2016-2020 EP - 108 PB - Universitas Pakuan UR - http://eprints.unpak.ac.id/2970/ ID - eprintsunpak2970 A1 - SEPTIANA, INTAN TARI A1 - SITUMORANG, MONANG A1 - ALIPUDIN, ASEP N2 - INTAN TARI SEPTIANA, 022118251. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftartar di Bursa Efek Indoensia (BEI) Tahun 2016-2020. Di bawah bimbingan: MONANG SITUMORANG dan ASEP ALIPUDIN.2022. Laba bersih merupakan tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Laba adalah tujuan utama berdirinya suatu badan usaha atau perusahaan. Dalam hal ini peran serta manajemen perusahaan sangat dibutuhkan dalam merencanakan dan mengendalikan laba sebaik mungkin, dengan tujuan untuk menjamin perusahaan menghasilkan laba yang maksimal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi laba diantaranya biaya produksi dan biaya promosi serta banyaknya penjualan yang dihaslikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan penjualan terhadap laba bersih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 23 perusahaan yang telah memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas dan uji autokorelasi. Uji hipotesis yaitu analisis regresi berganda dengan uji signifikan simultan (uji F), uji parsial (uji T) dan uji determinasi R Square menggunakan software SPSS 26. Pengujian secara parsial menunjukan bahwa produksi berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih, biaya promosi berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. Hasil pengujian secara simultan dengan bahwa biaya produksi, biaya promosi, dan penjualan berpengaruh terhadap laba bersih Kata Kunci: Biaya Produksi, Biaya Promosi, Penjualan, Laba Bersih ER -