@phdthesis{eprintsunpak2989, author = {Laras Afri Iktikavia and Tri Mahajani and Dadan Suwarna}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU NONFIKSI PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 1 BOGOR}, school = {Universitas Pakuan}, year = {2019}, month = {July}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/2989/}, abstract = {ABSTRAK Laras Afri Iktikavia: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Resensi Buku Nonfiksi pada Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 BOGOR, , Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019. Ingin mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan keterampilan menulis resensi buku nonfiksi pada siswa kelas XI SMK PGRI 1 BOGOR, serta untuk mengetahui kendala yang dialami siswa kelas XI SMK PGRI 1 BOGOR dalam meningkatkan keterampilan keterampilan menulis resensi buku nonfiksi memalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis resensi, sementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar mengajar menggunakan Inkuiri dalam menulis resensi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI.AK.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.AP.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menulis resensi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 54.6. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis resensi. Sementara itu, pada hasil postes mengalami peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis resensi menjadi 89.9 dengan taraf sangat mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 28,71. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,91. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 2,38{\ensuremath{<}}2,91{\ensuremath{>}}1,67. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis resensi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 88\% mengalami kendala pada saat penulisan EYD pada teks resensi, kemudian 66\% masih mengalami kendala dalam pembelajaran yang ramai yang dapat menganggu konsentrasi dalam menulis resensi. Dengan demikian, penerapan model Inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menulis resensi. Kata Kunci: Keterampilan menulis teks resensi, model Inkuiri} }