%0 Thesis %9 Skripsi %A RAHMAWATI, MERRY RISTA %A Hardiyanto, Arief Tri %A Rahmi, Amelia %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ekonomi dan Bisnis, %A Program Studi Akuntansi, %B Program Studi Akuntansi %D 2022 %F eprintsunpak:2994 %I Universitas Pakuan %P 124 %T Analisis Kinerja Puskesmas Kemalo Abung Dengan Metode Balanced Scorecard periode 2019-2021 %U http://eprints.unpak.ac.id/2994/ %X MERRY RISTA RAHMAWATI 02211863 Analisis Kinerja Puskesmas Kemalo Abung Dengan Metode Balanced Scorecard periode 2019-2021 pembimbing Arief Tri Hardiyanto dan Amelia Rahmi(2022). Pengukuran kinerja Puskesmas Bogor Timur yang selama ini digunakan yaitu pengukuran dari aspek kinerja keuangan dan ukuran kinerja yang berdasarkan standar yang ditetapkan oleh pemerintah tidak dapat menggambarkan kinerja Puskesmas secara keseluruhan. Pengukuran kinerja keuangan hanya menilai kinerja untuk jangka pendek dan tidak memperhitungkan harta-harta tak nampak yang dimiliki Puskesmas sedangkan pada standar kinerja yang ditetapkan pemerintah hanya mampu menggambarkan kinerja Puskesmas yang berkaitan pelayanan yang diberikan Puskesmas. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Kemalo Abung dari perspektif keuangan. (2) Un�tuk mengetahui kinerja Puskesmas Kemalo Abung dari perspektif pelanggan. (3) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Kemalo Abung dari perspektif proses bisnis internal. (4) Untuk mengetahui kinerja Puskesmas Kemalo Abung dari perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif (development) dengan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Variabel yang digunakan adalah perspektif�perspektif yang ada di dalam metode Balanced Scorecard, yaitu perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dan perspektif keuangan. Jenis data yang digunakan adalah data Primer. Metode pengumpulan datanya adalah metode survey dengan menggunakan kuisoner, observasi langsung dan dokumen puskesmas. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Puskesmas secara keseluruhan mempunyai kinerja yang baik. Berdasarkan prespektif keuangan menunjukan kinerja yang baik, prespektif pelanggan menunjukan kinerja yang baik, prespektif proses internal bisnis menunjukan kinerja yang baik, prespektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukan kinerja yang baik. Kata Kunci : Balanced Scorecard dan Pengukuran Kinerja