eprintid: 3026 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/30/26 datestamp: 2022-08-30 02:47:46 lastmod: 2022-09-19 02:44:23 status_changed: 2022-08-30 02:47:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indriani, Yulia creators_name: Sarimanah, Eri creators_name: Suhendra, creators_NPM: 0019066501 creators_NPM: 0428047402 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sarimanah, Eri contributors_name: Suhendra, Suhendra contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0428047402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Kegiruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahsa dan Sastra Indonesia title: PENERAPAN MODEL INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS PROPOSAL KEGIATAN KELAS XI SMA KOSGORO KOTA BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Yulia Indriani: Penerapan Model Inquiry dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Proposal Kegiatan Kelas XI SMA Kosgoro Kota Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan modelinquirydalam meningkatkan keterampilan menulis proposal kegiatankelas XI SMA Kosgoro Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Kosgoro Kota Bogor. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Hipotesis pertama yaitu Penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan keterampilan menulis proposal kegiatan pada siswa kelas XI SMA Kosgoro Kota Bogor yang sudah teruji kebenarannya, dibuktikan dengan diperolehnyahasil prates menulis proposal kegiatan pada kelas eksperimen bahwa siswa kurang mampu dalam menulis proposal kegiatan pada rata-rata 64,69, sedangkan hasil postes menulis proposal kegiatan dengan model pembelajaran inquirypada kelas eksperiemen mengalami peningkatan yaitu sangat mampu dengan nilai rata-rata 81,35. Peningkatan nilai siswa tersebut sebanyak 29,00. Kemudian, dapat dilihat dari perhitungan mean diperoleh harga thitung = 3,3 dan hasil d.b = 46 dengan ttabel taraf t0,99 = 2,41 dan t0,95 = 1,67. Dengan demikian thitung lebih besar dari pada ttabelyaitu 1,67 <3,3> 2,41. Hipotesis kedua yaitu siswa kelas XI SMA Kosgoro Kota Bogor mengalami kendala dalam keterampilan menulis proposal kegiatan melalui penggunaan model inquiry yang sudahteruji kebenarannya, dibuktikan bahwa adanya kendala yang dialami oleh siswa diantaranya, 33% hampir separuhnya mengalami kendala menulis proposal kegiatan sesuai struktur teks secara sistematis, 25% hampir separuhnya mengalami kendala menyusun latar belakang menulis proposal kegiatan, 25% hampir separuhnya mengalami kendala dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran proposal kegiatan menggunakan model inquiry, 75% hampir seluruhnya mengalami kendala dalam pembelajaran proposal kegiatan menggunakan model inquiry. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan modelinquiry dapat meningkatkan keterampilan menulis proposal kegiatan kelas XISMA Kosgoro Kota Bogor, meskipun pada saat menulis proposal kegiatan masih mengalami kendala. Kata kunci: Keterampilan Menulis, proposal kegiatan, modelinquiry. date: 2019-07-10 date_type: published institution: Universita Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Indriani, Yulia and Sarimanah, Eri and Suhendra (2019) PENERAPAN MODEL INQUIRY DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILANMENULIS PROPOSAL KEGIATAN KELAS XI SMA KOSGORO KOTA BOGOR. Skripsi thesis, Universita Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3026/1/2019PBSI%20YULIA%20I.pdf