eprintid: 3089 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 49 dir: disk0/00/00/30/89 datestamp: 2022-08-30 03:51:55 lastmod: 2022-08-30 03:51:55 status_changed: 2022-08-30 03:51:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aliando, Acun creators_name: Mudianto, Arif creators_name: Megawati, Lia Amelia creators_NPM: 053116013 creators_NPM: 0420026101 creators_NPM: 0428048503 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mudianto, Arif contributors_name: Megawati, Lia Amelia contributors_NIDN: 0420026101 contributors_NIDN: 0428048503 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Teknik corp_creators: Teknik Sipil title: Redesain Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Jalan Cilebut/ BTS. Kota Bogor - Citayam/ BTS. Kota Depok Pada STA. 10+300-STA. 11+870 ispublished: pub subjects: SB divisions: Pro_ts full_text_status: public abstract: Ruas Jalan Cilebut Batas Kota Bogor - Citayam Batas Kota Depok termasuk kedalam kelas jalan lokal yang mempunyai lebar jalan 6 m, menggunakan konstruksi jalan perkerasan lentur, terbentang dari Kecamatan Bojong Gede sampai Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor dengan panjang 11,870 km. Dikarenakan fungsi jalan cilebut batas kota bogor citayam batas kota depok mengalami kerusakan, maka perlu perbaikan struktur jalan. Hal ini disebabkan beban lalu lintas yang berlebih dan repetisi beban serta sistem drainase yang tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan kembali perkerasan jalan menjadi perkerasan jalan kaku (Rigid Pavement) menggunakan metode Bina Marga (Pd T-14-2003). Berdasarkan analisa data disarankan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement), menggunakan jenis perkerasan beton bersambung tanpa tulangan, umur rencana 40 tahun dengan CBR Tanah Dasar 6%, tebal perkerasan kaku 20 cm menggunakan Beton K-400 (400 kg/cm²), untuk lapis pondasi kelas A 10 cm, sambungan melintang (Ruji/dowel) digunakan Baja Polos ø 33 mm, panjang 45 cm, jarak 30 cm, sedangkan untuk batang pengikat (Tie Bars) digunakan baja ulir D 16 mm, panjang 70 cm, jarak 75 cm. Perlu diperhatikan juga mutu beton sesuai dengan perhitungan K-400, umur beton 28 hari dalam proses pembetonannya, disarankan juga untuk memperhatikan mutu beton sesuai metode Bina Marga (Pd T-14-2003) bila dipasaran tidak ditemui diameter besi yang sesuai dengan perencanaan, maka gunakan besi diameter atas yang mendekati dengan ketentuan, dilakukan kembali perhitungan pembesian dengan ketebalan perkerasan yang sama 20 cm. Sebab kerusakan diantaranya adalah sistem drainase yg tidak berfungsi maka harus dilakukan perencanaan untuk drainase jalan, agar tidak terjadi kerusakan kembali akibat tidak optimalnya aliran drainase. date: 2021-07-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Teknik Sipil thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Aliando, Acun and Mudianto, Arif and Megawati, Lia Amelia (2021) Redesain Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Jalan Cilebut/ BTS. Kota Bogor - Citayam/ BTS. Kota Depok Pada STA. 10+300-STA. 11+870. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3089/1/Acun%20Aliando_053116013_cover.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3089/2/Acun%20Aliando_053116013_pengesahan.pdf document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3089/3/Acun%20Aliando_053116013_abstra.pdf