eprintid: 3147 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/31/47 datestamp: 2022-08-30 05:35:48 lastmod: 2022-09-19 03:01:36 status_changed: 2022-08-30 05:35:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ikbari, Firyal Aulia creators_name: Sutisna, Entis creators_name: Istiana, Rita creators_NPM: 036116003 creators_NPM: 0405076901 creators_NPM: 0413018604 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sutisna, Entis contributors_name: Istiana, Rita contributors_NIDN: 0405076901 contributors_NIDN: 0413018604 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra title: HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: ABSTRAK FIRYAL AULIA IKBARI. 036116003. Hubungan Antara Multiple Intelligences Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Triasianingrum SU, dan Rita Istiana, S.Si., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri atas variabel bebas (X) yaitu multiple intelligences dan variabel terikat (Y) yaitu keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara multiple intelligences dengan keterampilan proses sains, serta untuk mengetahui kekuatan hubungan, bentuk hubungan dan hubungan fungsionalnya.PenelitianinidilaksanakanpadabulanDesember 2019 hingga Agustus 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Cibinong tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 154 responden. Data penelitian dengan instrumen kuisioner dengan skala sikap (rating scale) untuk variabel bebas dan instrumen pilihan ganda untuk variabel terikat. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Uji validitas instrumen variabel bebas menggunakan Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson (KR20). Uji validitas instrument variabel terikat menggunakan Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cornbach. Hasil pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas kolmogorov-smirnov testuntuk Y atas X menunjukan galat baku berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas dengan Levene Statistic menunjukan distribusi bersifat homogen. Pengujian hipotess menggunakan uji korelasi dengan Product Momen Pearson dengan SPSS 26. Hasil analisis terdapat hubungan positif antara multiple intelligences dengan keterampilan proses sains, dengan persamaan regresi Ŷ = 27,228 + 0,128x. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,409 sedangkan koefisien determinasi (r2) dihitung sebesar 16,7%.. keterampilan proses sains dapat dilihat dari multiple intelligences sedangkan 83,3% terbentuk dari faktor-faktor lain yang turut membentuk keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: Multiple Intelligences, Keterampilan Proses Sains date: 2020-09-28 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Ikbari, Firyal Aulia and Sutisna, Entis and Istiana, Rita (2020) HUBUNGAN ANTARA MULTIPLE INTELLIGENCES DENGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3147/1/2020BIOLOGI%20FIRYAL.pdf