relation: http://eprints.unpak.ac.id/3149/ title: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR creator: Risa, Fiona Alde creator: Nurjaman, Aam creator: Talitha, Stella subject: PENDIDIKAN BAHAS & SASTRA INDONESIA description: Fiona Alde Risa: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis rangkuman cerita pendek pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan menulis rangkuman cerita pendek dengan menggunakan model project based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis rangkuman cerita pendek teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 56,80 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam menulis rangkuman cerita pendek, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis rangkuman cerita pendek meningkat menjadi 85,22 dengan taraf keterampilan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3,58 dan db = 62 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,58>2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis rangkuman cerita pendek terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, diketahui bahwa 8 siswa dengan persentase 25% kesulitan dalam menulis rangkuman cerita pendek. Selain itu, 18 siswa dengan persentase 56% kesulitan dalam menentukan langkah-langkah menulis rangkuman dan 23 siswa dengan persentase 72% merasakan kesulitan saat mengadakan perbaikan menulis rangkuman cerita pendek. Kata kunci: Keterampilan menulis rangkuman cerita pendek, model project based learning date: 2019-09-25 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: http://eprints.unpak.ac.id/3149/1/2019%20PBSI%20FIONA.pdf identifier: Risa, Fiona Alde and Nurjaman, Aam and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.