eprintid: 3149 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/31/49 datestamp: 2022-08-30 05:39:25 lastmod: 2022-09-20 04:21:25 status_changed: 2022-08-30 05:39:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Risa, Fiona Alde creators_name: Nurjaman, Aam creators_name: Talitha, Stella creators_NPM: 032115038 creators_NPM: 0016116501 creators_NPM: 0417099101 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Nurjaman, Aam contributors_name: Talitha, Stella contributors_NIDN: 0016116501 contributors_NIDN: 0417099101 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Fiona Alde Risa: PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis rangkuman cerita pendek pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan menulis rangkuman cerita pendek dengan menggunakan model project based learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan model project based learning dapat meningkatkan keterampilan menulis rangkuman cerita pendek teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 56,80 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam menulis rangkuman cerita pendek, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis rangkuman cerita pendek meningkat menjadi 85,22 dengan taraf keterampilan mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3,58 dan db = 62 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,58>2,39. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis rangkuman cerita pendek terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, diketahui bahwa 8 siswa dengan persentase 25% kesulitan dalam menulis rangkuman cerita pendek. Selain itu, 18 siswa dengan persentase 56% kesulitan dalam menentukan langkah-langkah menulis rangkuman dan 23 siswa dengan persentase 72% merasakan kesulitan saat mengadakan perbaikan menulis rangkuman cerita pendek. Kata kunci: Keterampilan menulis rangkuman cerita pendek, model project based learning date: 2019-09-25 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Risa, Fiona Alde and Nurjaman, Aam and Talitha, Stella (2019) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RANGKUMAN CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3149/1/2019%20PBSI%20FIONA.pdf