relation: http://eprints.unpak.ac.id/3162/ title: PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV Studi Ini Dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 creator: Wulandari, Destia Ayu creator: Suhendra creator: Suchyadi, Yudhie subject: PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR description: Destia Ayu Wulandari 037116147. Pengaruh Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor.2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang diambil 42 siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrumentangket untuk kedua variabel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dengan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV.Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan analisis statistikyang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) 0,93. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 86,49%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana disiplin dengan kemandirian belajar siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x yang berarti setiap kenaikan unit disiplin menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,23 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Disiplin dengan Kemandirian Belajar Siswa Kela IV di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Disiplin dan Kemandirian Belajar Siswa date: 2020-12-21 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.unpak.ac.id/3162/1/2020%20PGSD%20DESTIA.pdf identifier: Wulandari, Destia Ayu and Suhendra and Suchyadi, Yudhie (2020) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV Studi Ini Dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan.