eprintid: 3162 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/31/62 datestamp: 2022-08-30 05:32:58 lastmod: 2022-09-20 04:15:37 status_changed: 2022-08-30 05:32:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wulandari, Destia Ayu creators_name: Suhendra, creators_name: Suchyadi, Yudhie creators_NPM: 037116147 creators_NPM: 0428047402 creators_id: yudhie.suchyadi@unpak.ac.id contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Suhendra, contributors_name: Suchyadi, Yudhie contributors_NIDN: 0428047402 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV Studi Ini Dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Destia Ayu Wulandari 037116147. Pengaruh Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan. Bogor.2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang diambil 42 siswa yang diperoleh dengan menggunakan instrumentangket untuk kedua variabel. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dengan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV.Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan analisis statistikyang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) 0,93. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 86,49%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana disiplin dengan kemandirian belajar siswa menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 61,06 + 0,23x yang berarti setiap kenaikan unit disiplin menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,23 unit. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Disiplin dengan Kemandirian Belajar Siswa Kela IV di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Disiplin dan Kemandirian Belajar Siswa date: 2020-12-21 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Wulandari, Destia Ayu and Suhendra and Suchyadi, Yudhie (2020) PENGARUH DISIPLIN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV Studi Ini Dengan Pendekatan Kausal Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3162/1/2020%20PGSD%20DESTIA.pdf