@phdthesis{eprintsunpak3186, month = {July}, author = {Thalia Putry Namira and Surti Kurniasih and Indri Yani}, year = {2019}, title = {IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISLAM, ALAM DAN SAINS DI SEKOLAH AL-JANNAH ? JAKARTA}, school = {Universitas Pakuan}, abstract = {ABSTRAK THALIA PUTRY NAMIRA. 036115067. Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Islam, Alam, dan Sains di SMP Al-Jannah ? Jakarta. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih, M.Si, dan Indri Yani, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran IPA berbasis islam, alam, dan sains di SMP Al-Jannah ? Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Januari 2019 sampai Juli 2019 dengan beberapa informan yaitu Guru IPA, Kepala Divisi, Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Guru Pendamping, dan Peserta Didik. Penelitian ini dilakukan dengan kontak langsung terhadap subjek penelitian yang terdapat di lapangan dan diperoleh satu jenis data yaitu data primer berasal dari wawancara , observasi dan studi dokumentasi secara langsung. Berdasarkan analisis data, pembelajaran IPA berbasis islam, alam, dan sains terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran di sekolah Al-Jannah menggunakan kurikulum gabungan antara kurikulum 2013 dan kurikulum khas Al-Jannah yaitu Islam, Alam, dan Sains (IAS). Dalam kurikulum IAS terdapat satu mata pelajaran khas yaitu sains terapan. Proses pembelajaran IPA dikemas sedemikian rupa dengan menyisipkan karakter IAS dalam setiap proses pembelajaran dan juga dalam mata pelajaran sains terapan. Evaluasi pembelajaran terdiri dari beberapa penilaian berupa angka dan juga deskripsi sesuai dengan rubrik penilaian yang telah ditetapkan sekolah. Menggabungkan karakter IAS dalam pembelajaran menjadi salah satu cara menciptakan pendidik yang unggul dan juga taat kepada agama. Kata Kunci : Pembelajaran IPA Berbasis Islam, Alam, dan Sains, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Karakter IAS.}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3186/} }