<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, \r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA \r\nMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN \r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF \r\nSISWA SMA"^^ . "SINDYA PRATIWI. 036114055. Pendekatan STEM (Science, Technology, \r\nEngineering, and Mathematics) Pada Materi Pertumbuhan dan \r\nPerkembangan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Skripsi. \r\nUniversitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Teti Rostikawati, M.Si \r\ndan Didit Ardianto, M.Pd.\r\n Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa \r\nmelalui pendekatan STEM pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Populasi \r\nyang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII MIPA salah satu SMA \r\nswasta di kabupaten Bogor dengan sampel penelitian siswa kelas XII MIPA 1 \r\nsebanyak 36 orang. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode weak\r\neksperimen. Kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui dengan menggunakan \r\ntes kemampuan berpikir kreatif berupa tes essay yang berisi empat indikator \r\nkemampuan berpikir kreatif antara lain 1) orisinalitas; 2) elaborasi; 3) kefasihan; \r\n4) keluwesan, untuk mengetahui karakteritik pendekatan STEM digunakan lembar \r\nobservasi, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan STEM \r\ndigunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan \r\nkategori kemampuan berpikir kreatif pada saat sebelum (pretest) dan sesudah \r\ndiberi pembelajaran (postest). Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa \r\nsebelum pembelajaran berada pada kategori “rendah” dan setelah dilakukan \r\npembelajaran meningkat menjadi “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dapat \r\ndisimpulkan bahwa pendekatan STEM dapat mengembangkan dan meningkatkan \r\nkemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan, \r\nhal tersebut dikarenakan pendekatan STEM bersifat student centered, melatih \r\nsiswa mempelajari biologi secara kontekstual, dan mengajak siswa mencari solusi \r\nberupa produk yang bermanfaat bagi lingkungan.\r\nKata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM, Materi \r\nPertumbuhan dan Perkembangan"^^ . "2019-12-10" . . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Pendidikan Biologi, Universitas Pakuan"^^ . . . . . . . . . . . . . . . . . "Teti"^^ . "Rostikawati"^^ . "Teti Rostikawati"^^ . . "Didit"^^ . "Ardianto"^^ . "Didit Ardianto"^^ . . "Sindya"^^ . "Pratiwi"^^ . "Sindya Pratiwi"^^ . . "Universitas Pakuan"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Pendidikan Biologi"^^ . . . . . . . "PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, \r\nENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA \r\nMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN \r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF \r\nSISWA SMA (Text)"^^ . . . "2019 p.bio syndia.pdf"^^ . . "HTML Summary of #3187 \n\nPENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, \nENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA \nMATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN \nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF \nSISWA SMA\n\n" . "text/html" . . . "PENDIDIKAN BIOLOGI" . .