eprintid: 3187 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/31/87 datestamp: 2022-08-30 05:24:24 lastmod: 2022-09-20 04:11:10 status_changed: 2022-08-30 05:24:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Sindya creators_name: Rostikawati, Teti creators_name: Ardianto, Didit creators_NPM: 036114055 creators_NPM: 0018046003 creators_NPM: 0405028902 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Rostikawati, Teti contributors_name: Ardianto, Didit contributors_NIDN: 0018046003 contributors_NIDN: 0405028902 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Biologi title: PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_PB full_text_status: public abstract: SINDYA PRATIWI. 036114055. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. Teti Rostikawati, M.Si dan Didit Ardianto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan STEM pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII MIPA salah satu SMA swasta di kabupaten Bogor dengan sampel penelitian siswa kelas XII MIPA 1 sebanyak 36 orang. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode weak eksperimen. Kemampuan berpikir kreatif siswa diketahui dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif berupa tes essay yang berisi empat indikator kemampuan berpikir kreatif antara lain 1) orisinalitas; 2) elaborasi; 3) kefasihan; 4) keluwesan, untuk mengetahui karakteritik pendekatan STEM digunakan lembar observasi, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pendekatan STEM digunakan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kategori kemampuan berpikir kreatif pada saat sebelum (pretest) dan sesudah diberi pembelajaran (postest). Rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum pembelajaran berada pada kategori “rendah” dan setelah dilakukan pembelajaran meningkat menjadi “tinggi”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan, hal tersebut dikarenakan pendekatan STEM bersifat student centered, melatih siswa mempelajari biologi secara kontekstual, dan mengajak siswa mencari solusi berupa produk yang bermanfaat bagi lingkungan. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan STEM, Materi Pertumbuhan dan Perkembangan date: 2019-12-10 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Biologi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Pratiwi, Sindya and Rostikawati, Teti and Ardianto, Didit (2019) PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3187/1/2019%20p.bio%20syndia.pdf