%0 Thesis %9 Skripsi %A DATU, MEIRISA THALITA %A Martha, Layung Paramesti %A PUSPANIDRA, TIARA %A Universitas Pakuan, %A Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, %A Ilmu Komunikasi, %B Ilmu Komunikasi %D 2019 %F eprintsunpak:3231 %I Universitas Pakuan %T HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN MURID DENGAN MINAT BACA ANAK USIA DINI (STUDI BIMBA AIUEO DI BOJONG SEMPU) %U http://eprints.unpak.ac.id/3231/ %X Faktanya kegiatan komunikasi dalam pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam upaya mencapai tujuan pendidikan, yaitu sebagai jembatan penghubung dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Semula pembelajaran hanya menggunakan komunikasi satu arah, yaitu guru yang lebih dominan. Proses komunikasi seperti itu dalam pembelajaran saat ini dinilai tidak lagi dapat diterima oleh sebagian besar siswa. Hal ini mengingat kebutuhan dan tuntutan masyarakat pada era globalisasi ini sudah berbeda. Oleh karenanya, mutlak diperlukan adanya inovasi - inovasi di bidang pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan komunikasi interpersonal antara guru dan murid dengan minat baca anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di biMBA AIUEO unit Bojong Sempu Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan jumlah responden penelitian sebanyak 20 anak (murid). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Data kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel frekuensi. Uji statistik dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 21.0. Uji korelasi menggunakan Kendall's Tau dan Rank Spearman Hasil penelitian untuk komunikasi interpersonal membuktikan bahwa dengan dilakukannya komunikasi interpersonal antara guru dan murid dalam proses pembelajaran dapat membantu menumbuhkembangkan serta menciptakan minat baca anak usia dini. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Minat Baca, Minat Baca Anak Usia Dini