eprintid: 3266 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/32/66 datestamp: 2022-08-30 09:30:45 lastmod: 2022-09-20 04:22:28 status_changed: 2022-08-30 09:30:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sari, Windy Purnama creators_name: Sarimanah, Eri creators_name: Nurjaman, Aam creators_NPM: 032115053 creators_NPM: 0019066501 creators_NPM: 0016116501 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Sarimanah, Eri contributors_name: Nurjaman, Aam contributors_NIDN: 0019066501 contributors_NIDN: 0016116501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: ABSTRAK Windy Purnama Sari : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan menulis teks prosedur dengan model discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas ekperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 46.72 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam menulis teks prosedur, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam menulis teks prosedur meningkat menjadi 90.14 dengan taraf keterampilan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 2.61 dan db = 60 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<2,61>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks prosedur terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, yang menyatakan bahwa pada hasil angket mengenai menulis teks prosedur dengan model discovery learning dengan persentase 88%, mengenai tentang model discovery learning dengan persentase 88%. Kata kunci: Keterampilan menulis teks prosedur, model discovery learning. date: 2019-10-01 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Sari, Windy Purnama and Sarimanah, Eri and Nurjaman, Aam (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3266/1/2019PBSI%20WINDI%20P.pdf