@phdthesis{eprintsunpak3284, year = {2021}, school = {Universitas Pakuan}, month = {February}, author = {Muhamad Rihan and Sumardi and Rini Sri Indriyani}, title = {HUBUNGAN INTERAKSISOSIAL DENGAN HASILBELAJAR MATEMATIKA Pendekatan Penelitian Korelasi Pada Peserta DidikKelasIVSekolah Dasar Negri Bintangresmi01 Semester Ganjil Tahun Pelajaran2020/2021}, abstract = {Muhamad Rihan 037116173Hubungan Interaksi Sosial denganHasil Belajar Matematika.Program StudiPendidikanGuruSekolahDasar.Fakultas KeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasPakuan2020.Tujuanpenelitian ini untukmengetahui Hubungan Interaksi SosialdenganHasil Belajar Matematika.Populasidalam penelitianiniadalahpeserta didikkelasIV SekolahDasarNegeri01Bintangresmiberjumlah92populasidengan48 yang dijadikan sampel.Teknikpengujian prasyaratanalisisberupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normaldan homogendigunakan untukmengujihipotesisyang hasilnya menunjukan terdapat Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil BelajarMatematika. Teknikanalisisregresikorelasisederhanamenghasilkan suatumodelhubunganyangdinyatakandalambentukpersamaanregresi yaitu {\^Y} =55,25 + 0,66X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,90\%. Sedangkan koefisien korelasisebesar90\%.Teknikanalisisregresidan korelasi sederhanaInteraksi Sosial denganHasil BelajarMatematika menghasilkansuatuhubungan yang dinyatakandalambentuk persamaan regresiyaitu {\^Y}=55,25 +0,66X.yang berarti setiap kenaikan unitinteraksi sosialmenyebabkan kenaikan hasilbelajarmatematikasebesar0,66 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas,maka dapatdisimpulkan bahwaterdapat hubunganyangpositifantara interaksisosialdengan hasilbelajarmatematika kelasIVdi SekolahDasarNegeri01BintangresmiKabupatenBogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci :Interaksi Sosialdan Hasil BelajarMatematika}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3284/} }