TY - THES UR - http://eprints.unpak.ac.id/3327/ PB - Universitas Pakuan AV - restricted M1 - Skripsi A1 - ELISA, PUTRI A1 - ZAINI, OKTORI KISWATI A1 - IRAWAN, ARIE WIBOWO TI - Pengaruh Iklan dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk (Survei Pada Mahasiswa Prodi Manajemen FEB Unpak) ID - eprintsunpak3327 Y1 - 2022/07/02/ N2 - PUTRI ELISA. 021118158. Pengaruh Iklan dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk (Survei Pada Mahasiswa Prodi Manajemen FEB Unpak). Di bawah bimbingan: OKTORI KISWATI ZAINI dan ARIE WIBOWO IRAWAN. 2022. Persaingan pada industri sampo di Indonesia sangat ketat, perusahaan harus menyiapkan strategi yang baik dalam mempromosikan produknya salah satunya dengan menggunakan iklan dan juga seorang brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian sampo Sunsilk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Dengan responden mahasiswa prodi manajemen FEB Unpak. Pemilihan responden dilakukan dengan metode disproportionate stratified random sampling dengan total 100 responden berdasarkan pada perhitungan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sampo Sunsilk sedangkan brand ambassador secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F Iklan dan brand ambassador secara simultan atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sampo Sunsilk. Selain itu iklan dan brand ambassador memberikan kontribusi sebesar 48.9% dan 51.1% dikontribusi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Iklan, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian EP - 108 ER -