@phdthesis{eprintsunpak3373, month = {April}, title = {Strategi Pengembangan Pasar Produk Inovasi UMKM Tauco Cookies Kabupaten Cianjur}, school = {Universitas Pakuan}, author = {SITI NURUL MUNA and FREDI ANDRIA and HASRUL HASRUL}, year = {2022}, abstract = {SITI NURUL MUNA. 021118027. Strategi Pengembangan Pasar Produk Inovasi UMKM Tauco Cookies Kabupaten Cianjur. Di bawah bimbingan FREDI ANDRIA dan HASRUL. 2022. UMKM Tauco Cookies mengalami penurunan penjualan pada periode 2019 sampai dengan 2021 dari 20.852 unit menjadi 6.840 unit, wabah COVID-19 berdampak pada sistem pemasaran konvensional maupun digital yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pasar yang tepat untuk UMKM Tauco Cookies Penelitian ini merupaka penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Melalui pengolahan data analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan UMKM Tauco Cookies memiliki kekuatan utama karyawan saling menghormati dan menjaga hubungan baik, membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen dan pelanggan, dan pengolahan keuangan sudah menggunakan aplikasi software excel dan pawoon. Kelemahan utama yaitu keterbatasan modal usaha, belum mampu menarik konsumen dengan cara pemberian diskon, dan mesin atau alat yang digunakan untuk produksi masih bersifat manual. Peluang utama yaitu mempunyai label halal, mengoptimalkan pemasaran dengan memanfaatkan informasi teknologi, dan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan konsumen mempengaruhi jumlah penjualan. Ancaman utama yaitu wabah COVID- 19 berdampak pada penurunan penjualan, dan perubahan iklim dapat mempengaruhi cara UMKM beroperasi. Sehingga diambil alternatif strategi dengan cara kerja sama dengan pihak lain atau investor untuk menunjang proses pemasaran yang lebih gencar, meningkatkan kualitas produk berinovasi untuk membuka segmen pasar baru untuk anak anak, dan meningkatkan kualitas SDM yang berkompeten untuk melakukan content marketing. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Pasar, SWOT, QSPM}, url = {http://eprints.unpak.ac.id/3373/} }