eprintid: 3402 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 47 dir: disk0/00/00/34/02 datestamp: 2022-08-30 09:40:19 lastmod: 2022-08-30 09:40:19 status_changed: 2022-08-30 09:40:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SAPUTRA, MUHAMAD HARIRI creators_name: RIZKAWATI, NURTRIANA creators_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini creators_NPM: 044117163 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: RIZKAWATI, NURTRIANA contributors_name: Cahyaningrum, Qoute Nuraini corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya corp_creators: Ilmu Komunikasi title: KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI DAONG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: P1 subjects: d divisions: Pro_ikom full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi pemasaran Kopi Daong dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada masa pandemi Covid-19, beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Mengingat Kopi Daong menjadi kedai kopi yang dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan bertahan pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian adalah Manager Operasional, serta terdapat 5 Informan diantaranya Barista dan Panitia event, chef, Pelanggan Lama dan Pelanggan Baru. Menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kopi Doang menggunakan berbagai bentuk komunikasi pemasaran, diantaranya melakukan periklanan di Instagram ads, Facebook ads, Tiktok. Terdapat promosi penjualan bagi pengunjung yang memiliki KTP Bogor, diskon komunitas sepeda dan motor, voucher repeater, diskon hari besar, melakukan penjualan personal melalui stand ghostkitchen, terdapat word of mouth dan electronic word of mouth yang dilakukan oleh pelanggan, adanya berbagai event seperti barista day, coffee talk, gowes to Daong, live music, event kompetisi, serta terdapat publisitas dari berbagai media dan vlogger secara gratis Dengan faktor pendukung dalam melakukan bentuk komunikasi pemasaran seperti kemampuan SDM yang baik, biaya yang mencukupi, dan adanya dukungan sponsor, serta faktor penghambat seperti kurangnya jumlah karyawan, penyampaian pesan iklan kurang interaktif, dan berita negatif mengenai Kopi Daong Kata kunci: Covid-19, Komunikasi Pemasaran, Kopi Daong, Pelanggan date: 2021-06-30 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Ilmu Komunikasi thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: SAPUTRA, MUHAMAD HARIRI and RIZKAWATI, NURTRIANA and Cahyaningrum, Qoute Nuraini (2021) KOMUNIKASI PEMASARAN KOPI DAONG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3402/1/CamScanner%2008-30-2022%2014.57.pdf