eprintid: 3423 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/34/23 datestamp: 2022-08-30 09:41:16 lastmod: 2022-09-19 03:06:39 status_changed: 2022-08-30 09:41:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Astuti, Novianti Budhi creators_name: Budiana, Sandi creators_name: Mulyawati, Yuli creators_NPM: 037116077 creators_NPM: 0421106801 creators_NPM: 0417057704 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Budiana, Sandi contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 0421106801 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Guru Sekolah Dasar title: HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional Pada Peserta didik Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kawung Luwuk Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ispublished: pub subjects: 22 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: ABSTRAK Novianti Budhi Astuti, 037116077. Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan dan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Subtema Sumber Energi. Bertempat di di SDN Kawung Luwuk Kota Bogor. Dilakasanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, IV B, IV C dan IV D SDN Kawung Luwuk Kota Bogor berjumlah 110. Sampel yang diambil berjumlah 52 siswa, kemudian penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuisioner berskala lima untuk variabel kemandirian belajar dan hasil belajar siswa subtema sumber energi menggunakan tes. Instrumen yang sudah valid dan reliabel digunakan untuk mengumpulkan data yang hasilnya menunjukan terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 7,369 + 0,116X dengan harga Fhitung sebesar 3,6606 lebih besar dari Ftabel dengan taraf 0,05 sebesar 2,0076 dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,4597. Maka dari itu dari data yang diperoleh maka ditemukan hubungan yang sedang antara kemandirian dengan hasil belajar siswa dilihat dari perhitungan yang diakumulasikan yaitu sebesar 21% seperti belajar untuk mandiri, meyiapkan materi sebelum belajar, mengulas kembali pembelajaran yang sudah berlangsung tanpa adanya paksaan dari oranglain, sedangkan 79% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain media pembelajaran, kedisplinan peserta didik, minat, motivasinya, faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu terdapat dalam diri siswa itu sendiri, dan dari luar diri siswa itu sendiri seperti sarana prasarana, dukungan dari guru, orangtua untuk selalu memotivasi agar tetap selalu ingin belajar untuk mengapai cita – citanya, berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV A, IV B, IV C dan IV D SD Negeri Kawung Luwuk Semester gasal Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Siswa date: 2020-12-21 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidkan Guru Sekolah Dasar thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Astuti, Novianti Budhi and Budiana, Sandi and Mulyawati, Yuli (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Korelasional Pada Peserta didik Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kawung Luwuk Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3423/1/2020PGSD%20NOVIANLI%20B.pdf