%I Universitas Pakuan %D 2020 %L eprintsunpak3438 %A Siti Samsiah %A Rita Istiana %A Nita Karmila %X ABSTRAK Pengaruh Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor. Penelitian mengunakan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nagrak 02 Kabupaten Bogor. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nagrak 02 Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 95 peserta didik dengan sampel sebanyak 77 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (rxy) sebesar 0,3525. Koefesien determinasi 0,1243 atau sebesar 12,43%, sedangkan 87,57% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata hasil belajar matematika pada peserta didik sebesar 12,43% ditentukan oleh aktivitas belajar melalui persamaan regresi Ŷ= 9,21+(0,076X). Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit variabel aktivitas belajar akan menyebabkan peningkatan hasil belajar matematika sebesar 0,076 unit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nagrak 02 Kabupaten Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Aktivitas belajar dan hasil belajar matematika %T PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA