%I Universitas Pakuan %D 2020 %L eprintsunpak3447 %A Ilham Tresna Utama %A Elly Sukmanasa %A Ade Wijaya %X ABSTRAK Ilham Tresna Utama 037116040 Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Gunung Picung. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 88,1 + 1,37X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,57. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 32.49%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana disiplin belajar dengan hasil belajar matematika menghasilkan suatu pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 88,1 + 1,37X. yang berarti setiap kenaikan unit disiplin belajar menyebabkan kenaikan hasil belajar matematika sebesar 0,57 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 01 Gunung Picung Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Matematika %T PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Kausal Siswa Kelas IV A, IV B, dan lV C Sekolah Dasar Negeri 01 Gunung Picung Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)