eprintid: 3566 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/35/66 datestamp: 2022-08-31 02:35:02 lastmod: 2022-09-19 03:30:27 status_changed: 2022-08-31 02:35:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Miranti, creators_name: Mahajani, Tri creators_name: Nurjaman, Aam creators_NPM: 032114114 creators_NPM: 0422026501 creators_NPM: 0016116501 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Mahajani, Tri contributors_name: Nurjaman, Aam contributors_NIDN: 0422026501 contributors_NIDN: 0016116501 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia title: PENERAPAN TEKNIK SUPERIORITAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI ispublished: pub subjects: 21 divisions: Pro_pbsi full_text_status: public abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran teks anekdot pada siswa SMA. Peneliti ingin memasukkan teori berhumor dalam pembelajaran teks anekdot, sebab pada dasarnya anekdot adalah bagian dari humor. Teknik superioritas adalah salah satu teori klasik dalam menciptakan humor, selain dengan keganjilan dan pelepasan. Teknik superioritas menempatkan adanya pihak superior yang bisa dengan mudahnya menertawakan pihak inferior. Namun di sini, peneliti ingin kembali menegaskan bahwasanya menjadi pihak inferior pun bisa saja mengundang tawa. Ada dua tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mengetahui penerapan teknik superioritas dalam meningkatkan keterampilan menulis anekdot pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dan (2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi dalam menulis teks anekdot melalui teknik superioritas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan dua kelas. Satu kelas eksperimen, dan satu kelas kontrol. Penelitian ini diujikan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Nilai rata-rata tes awal siswa pada kelas eksperimen adalah 57,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 49,8. Nilai tes akhir siswa pada kelas eksperimen adalah 76,7 sedangkan pada kelas kontrol adalah 60,7. Hasil dari uji-t diperoleh harga to = 2,92 dan db = 50 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,01 serta tt taraf signifikansi 1% 2,68. Apabila dituliskan menjadi 2,01<2,92>2,68. Hasil uji-t menunjukkan bahwa penerapan teknik superioritas berhasil meningkatkan keterampilan menulis teks cerita anekdot pada siswa kelas X SMAN 1 Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknik superioritas ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot. date: 2021-04-24 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Miranti and Mahajani, Tri and Nurjaman, Aam (2021) PENERAPAN TEKNIK SUPERIORITAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3566/1/2021%20PBSI%20Miranti.pdf