eprintid: 3596 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 48 dir: disk0/00/00/35/96 datestamp: 2022-08-31 03:17:44 lastmod: 2022-09-19 03:26:24 status_changed: 2022-08-31 03:17:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Isnaeni, Syawalia creators_name: Hidayat, Rais creators_name: Mulyawati, Yuli creators_NPM: 037115027 creators_NPM: 0426067204 creators_NPM: 0417057704 contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_type: http://www.loc.gov/loc.terms/relators/THS contributors_name: Hidayat, Rais contributors_name: Mulyawati, Yuli contributors_NIDN: 0426067204 contributors_NIDN: 0417057704 corp_creators: Universitas Pakuan corp_creators: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan corp_creators: PGSD title: PENGARUH KEPRAMUKAAN DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ispublished: pub subjects: 23 divisions: Pro_pgsd full_text_status: public abstract: Syawalia Isnaeni. 037115027. Pengaruh Kepramukaan dalam Kurikulum 2013 Terhadap Kedisiplinan Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2019. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepramukaan dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian kausal. Dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan analisis jalur. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri Pengadilan 2 Kota Bogor kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 72 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh kepramukaan dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa. ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien jalur (n ̃xy=rxy) sebesar 0,766. Ini menunjukan adanya pengaruh kepramukaan dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,5867 atau sebesar 58,67%. Sisanya sebanyak 41,33% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata kedisiplinan siswa, sebesar 58,67% ditentukan oleh kepramukaan dalam kurikulum 2013 melalui persamaan regresi Ŷ =30,32+0,76x , artinya setiap kenaikan unit nilai kepramukaan dalam kurikulum 2013 akan menyebabkan kenaikan kedisiplinan siswa 0,76 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan sigifikan dari kepramukaan dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa kelas III SD Negeri Pengadilan 2 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : kepramukaan, kurikulum 2013, kedisiplinan date: 2019-06-02 date_type: published institution: Universitas Pakuan department: PGSD thesis_type: Skripsi thesis_name: Sarjana citation: Isnaeni, Syawalia and Hidayat, Rais and Mulyawati, Yuli (2019) PENGARUH KEPRAMUKAAN DALAM KURIKULUM 2013 TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Penelitian Kausal pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Pengadilan 2 Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pakuan. document_url: http://eprints.unpak.ac.id/3596/1/2019%20PGSD%20Syawalia%20Isnaeni.pdf